PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA DES (DATA ENCRYPTION STANDARD) UNTUK KEAMANAN VIDEO STREAMING

Bayu Prawira

Informasi Dasar

114080056
005.82
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi multimedia yang sangat pesat dan digunakan secara luas di berbagai bidang akan tetapi perkembangan ini menimbulkan berbagai permasalahan seperti penyalahgunaan akses dan penjiplakan yang telah memberikan dampak serius. Teknologi baru telah meningkatkan kebutuhan akan keamanan multimedia serta perlindungan hak cipta. Hal ini mengakibatkan kebutuhan keamanan dalam pengiriman video digital menjadi sangat penting.

Pada penelitian ini, dirancang suatu aplikasi keamanan video streaming dengan menggunakan algoritma DES (Data Encryption Standard). Aplikasi ini akan mengimplementasikan pengiriman data digital, khususnya video dimana data video yang dikirimkan ke konsumen dienkripsi terlebih dahulu dengan DES dan hanya akan dapat dinikmati oleh user yang memiliki kunci dekripsi yang benar untuk membuka enkripsi, sehingga mampu menonton video tersebut. Tanpa adanya kunci dekripsi ini, user tidak dapat menikmati video tersebut. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman Java.

Pengujian sistem dilakukan dengan menguji tingkat cofidelity (kerahasian) data video yang dikirim dengan melakukan sniffing pada paket data video yang dikirim. Dari hasil pengujian didapatkan hasil dari sniffing paket data video tersebut sangat acak dan tidak beraturan, sehingga tidak dapat dinikmati karena terenkripsi dengan baik. Selain itu, berdasarkan pengujian kualitas video berdasarkan fps (frame per second) dan bitrate dengan atau tanpa enkripsi, hasil yang didapat tidak ada perbedaan, sehingga algoritma enkripsi yang diimplementasikan untuk video streaming tidak mengubah kualitas video tersebut pada saat dilakukan proses streaming dan video baik untuk dilihat. video streaming, enkripsi, dekripsi, algoritma DES, sniffing, fps, bitrate

Subjek

DATA ENCRYPTION
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA DES (DATA ENCRYPTION STANDARD) UNTUK KEAMANAN VIDEO STREAMING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Bayu Prawira
Perorangan
Yudha Purwanto; Astri Novianty
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini