PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PEDOMETER BERBASIS ACCELEROMETER PADA ANDROID SMARTPHONE

MUHAMMAD HAERDIANSYAH SYAHNUR

Informasi Dasar

114081029
005.43
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pedometer adalah alat portable yang dirancang untuk menghitung setiap langkah seseorang dengan mendeteksi getaran yang terjadi pada orang tersebut. Menurut beberapa penelitian, berjalan 10.000 langkah setiap hari sangat efektif untuk menjaga kondisi tubuh. Menggunakan pedometer juga dapat menginspirasi dan memotivasi seseorang untuk lebih sering berjalan kaki. Dan seiring dengan perkembangannya, perangkat mobile telah mendominasi kehidupan manusia. Aplikasi mobile yang diciptakan juga semakin berkembang sejalan dengan tingkat kebutuhan masyarakat yang selalu mengutamakan efisiensi.
Pada penelitian ini, dirancang suatu aplikasiPedometerdengan berbasis accelerometerpada Android smartphone. Aplikasi ini mengimplementasikan fungsi dari pedometer yang dapat menghitung jumlah langkah kaki pengguna dan dengan menambahkan fitur waktu tempuh saat melakukan aktifitas, jarak yang telah dilalui, kecepatan rata-rata, dan kalori yang terbakar. Aplikasi dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java yang berbasis pada android mobile. Dirancang dengan Eclipse yang disertai dengan SQLite database.
Pengujian keakuratan sistem dilakukan dengan membandingkan hasil yang didapatkan dari aplikasi dengan hasil yang didapatkan dari alat pedometer. Dari hasil pengujian didapatkan penghitungan langkah dengan menggunakan aplikasi tidak berbeda jauh dengan hasil yang didapatkan dari alat pedometer yaitu 95%. Penggunaan sumber daya aplikasi ini berukuran4,14 MB dengan penggunaan data berukuran 16 KB sehingga diperlukan 4,15 MB storage untuk dapat diinstal. Pada pengujian user friendly diperoleh hasil bahwa aplikasi mudah untuk digunakan serta fitur yang ada telah sesuai dengan yang dibutuhkan. Kata Kunci : pedometer, accelerometer, android mobile, java, sqlite.

Subjek

ANDROID
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PEDOMETER BERBASIS ACCELEROMETER PADA ANDROID SMARTPHONE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD HAERDIANSYAH SYAHNUR
Perorangan
Astri Novianty; Agung Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini