PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI GAMELAN BERBASIS ANDROID

Yasir Chairuman Tasa

Informasi Dasar

114090035
005.43
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Gamelan merupakan salah satu alat musik tradisional di Indonesia. Alat musik tradisional ini berasal dari daerah Jawa, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Gamelan sendiri terdiri atas beberapa perangkat alat musik, yaitu Bonang, Gong, Saron, dll. Harga dari tiap perangkat juga cukup mahal. Untuk memainkan alat musik ini diperlukan beberapa orang yang telah handal memainkan gamelan. Tanpa pembelajaran yang konsisten, seseorang tidak dapat langsung memainkannya dengan mahir.

Pada tugas akhir ini dibuat sebuah simulasi perangkat gamelan berbasis android. Bukan hanya simulasinya saja, tapi juga terdapat game edukasi untuk belajar gamelan yang dibuat menyerupai game Guitar Hero. Pada aplikasi ini terdapat dua menu utama yaitu menu belajar dan bermain. Dalam menu belajar, terdapat lagi menu-menu yang isinya memang untuk pembelajaran, antara lain menu bahasa yang digunakan untuk memilih bahasa ketika belajar gamelan, menu video yang berisi video-video tutorial cara bermain gamelan, dan menu perangkat yang berisi simulasi empat perangkat gamelan yang disediakan. Sementara menu bermain adalah menu untuk memainkan game edukasi gamelan sesuai dengan lagu yang disediakan.

Dilihat dari hasil pengujian dan penelitian, aplikasi ini dapat membantu pengguna aplikasi ini belajar tentang gamelan. Di sisi lainnya, aplikasi ini juga menarik dari segi tampilan (User Interface), sistem, dan gameplay dari menu game yang disediakan dari pengujian yang telah dilakukan. gamelan, game, android.

Subjek

ANDROID PROGRAMMING
 

Katalog

PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI GAMELAN BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yasir Chairuman Tasa
Perorangan
Purba Daru Kusuma, ; Astri Novianty
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini