E
learning merupakan
a
dalah satu kemajuan dalam bidang pendidikan sekaligus
teknologi
informasi
. Dengan
e
learning,
proses bela
jar mengajar tidak terbatas tem
p
a
t
dan waktu. E
learning dapat diakses dimana saja, dan kapan saja oleh peserta, sehingga
lebih fleksibel. Dengan demikian, baik dosen dan mahasiswa
dapat lebih dimudahkan.
Tetapi kebanyakan e
learning yang ada sa
at ini kurang memperhatikan sisi evaluasinya.
Padahal untuk mengetahui kemampuan kuantitatif mahasiswa
,
evaluasi merupakan cara
untuk mengetahuinya.
Oleh karena itu, dibutuhkan e
learning dengan evaluasi yang adaptif. Yaitu,
evaluasi yang
dapat menyesuaik
an isi konten evaluasi sesuai dengan kondisi
kuantitatif
sekelompok mahasiswa dengan analisis butir soal,
memudahkan dosen dalam
penyusunannya, menjadwalkan,
serta
memudahkan mahasiswa dalam mengakses dan
men
getahui laporan hasil evaluasi.
Dengan adanya
aplikasi ini, dosen dapat lebih mudah mengadakan evaluasi dan
mengetahui kemampuan kuantitatif sekelompok mahasiswanya. Mahasiswa juga
dimudahkan dengan akses terhadap evaluasi yang lebih fleksibel. Setelah dilakukan
pengujian terhadap responden, pada peng
ujian alpha dan beta, aplikasi ini dapat
diimplemtasikan dengan baik.
Hal ini dapat dilihat pada hasil pengujian beta yang
mendapat
penila
ian dari re
sponden sebesar
4
0
% menyatakan bahwa fitur aplikasi sudah
cukup
membantu
,
4
5
% menyatakan bahwa sistem
evaluasi pada aplikasi ini membantu
,
60
% men
yatakan bahwa aplikasi ini dibutuhkan
untuk membantu
proses belajar mata
kuliah basis data.
E - learning, evaluasi adaptif, desain basis data.