Game
yang berjudul
Indonesian’s Flag
Defense
3d
merupakan
suatu
game
yang ber
genre
war strategy
. Game ini akan
dapat mengingatkan
masa
perjuangan
bangsa
Indonesia saat
zaman
penjajahan dulu
karena objek
–
objek pada
game
ini
dirancang khusus menyerupai perlengaka
pan perang bangsa Indonesia pada saat itu
.
Game
ini dirancang dengan menggunakan algoritma
basic probability
dan
algoritma
fuzzy logic
khusus pada tower nya. Algoritma
fuzzy pada tower ini
digunakan dengan tujuan untuk pemilihan target tembak terbaik agar tower dapat
memilih target tembak yang lebih mudah dihancurkan terlebih dahulu sehingga
penjajah yang memasuki wilayah Indonesia semakin lebih sedikit. Untuk algoritma
fuzzy
akan dianalisis pada bagian fuzzifikasi, dengan membandingkan fungsi
–
fungsi
keanggotaannya dengan mencoba berbagai macam kurva, yaitu dengan
membandingkan penggunaan kur
va trapesium dan kurva segitiga.
Kemudian untuk
algoritma
basic probability
pada tower ini digunakan untuk menentukan peluang
keluarnya
double damage
setiap tower terhadap masing
–
masing jenis penjajah.
Pada akhirnya setelah dianalisis dan uji coba terhadap kasus yang diteliti
dapat ditemukan bahwa pada algoritma
fuzzy
lebih ba
ik menggunakan
gabungan
kurva segitiga
dan trapesium
pada proses f
uzzifikasinya daripada hanya
menggunakan grafik keanggotaan kurva trapesium saja. U
ntuk algoritma
basic
probability
,
semakin besar nilai peluang yang kita set maka p
e
luang terjadi
double
dam
age
pada tower juga akan semakin besar sehingga musuh dapat lebih cepat
dikalahkan.
game , algoritma, Basic Probability , Fuzzy logic, Fuzzifikasi