Vehicular Ad Hoc Network
merupakan pengembangan dari
Mobile Ad Hoc
Network
(MANET), yaitu teknologi yang memungkinkan antar kendaraan (
Inter
Vehicle Communication
) dan atau antar kendaraan dengan
infrastruktur (
Roadside
to
Vehicle
) dapat saling berkomunikasi
. Terhubungnya antar kendaraan untuk dapat
saling berkomunikasi memberikan berbagai macam keuntungan yang diantaranya
yaitu mengatasi kemacetan, menghindari kecelakaan dengan adanya peringatan,
memilih jalur yang lebih baik untuk dilalui kendaraan, dan sebagainya. VANET lebih
dinamis dan kompleks dibangingkan dengan MANET, karena memiliki perilaku yang
selalu bergerak dengan
waktu tempuh
dan kondisi yang berbeda. Oleh karena itu,
diperlukan proto
kol
routing
untuk meningkatkan performansi dari VANET sendiri.
Tugas Akhir i
ni akan menganalisa performansi kinerja protokol
AODV pada
VANET
dengan skenario pada perempatan jalan kota. Simulasi ini menggunakan
berbagai tools, diantaranya
josm
untuk pengamb
ilan peta,
MOVE,
dan
SUMO.
Adapun metric performansi yang diukur
end
to
end delay, packet delivery ratio,
dan
throughput.
Dan berdasarkan komparasi aplikasi VANET dapat disimpulkan bahwa
perfomansi
routing protocol
AODV pada perempatan jalan kota dengan ko
ndisi
10km/jam dan saat keseluruhan kondisi jumlah node dapat dipakai untuk mengatasi
Life
Critical Safety, Safety Warning, Internet Access, Automatic Parking,
dan
Roadside Service Finder
karena memiliki nilai
delay
dibawah 100 ms, tepatnya 53,46
ms. Sedan
gkan pada keadaan lainnya hanya dapat dipakai untuk
Internet Access,
Automatic Parking,
dan
Roadside Service Finder
saja.
MANET, VANET, Inter Vehicle Communication , Roadside - to - Vehicle, MOVE, SUMO