PERANCANGAN MESIN PENGERING GABAH BERAS MENGGUNAKAN SENSOR SHT11 DAN LM35 DENGAN METODE FUZZY LOGIC

DAVID ANDIKA SIHOMBING

Informasi Dasar

115070070
511.313
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era modern sekarang ini, telah dikembangkan berbagai macam alat untuk mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaannya. Dalam pertanian, terkadang pada tahapan pengeringan gabah sering mengalami hambatan. Misalnya di negara Indonesia sebagai negara tropis, curah hujannya tergolong tinggi, sehingga para petani mengalami kesulitan dalam melakukan pengeringan gabah jika mengandalkan sinar matahari. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu alat yang bisa mengeringkan gabah beras kapan saja.

Beras dapat dikatakan kering apabila kadar airnya sudah mencapai 14%, dan gabah beras yang bagus untuk disimpan setelah dikeringkan adalah gabah dengan kadar air antara 5-14%. Cara pengeringan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan mengukur suhu mula-mula gabah beras menggunakan sensor sht11, kemudian memberikan udara panas melalui kipas dan lampu 50watt yang mengeluarkan panas, sehingga kandungan air yang terkandung dalam gabah beras terangkat dan terbuang melaui uap air. Wadah gabah berputar agar gabah memperoleh panas merata di semua sisinya. Suhu pemanas diukur menggunakan sensor lm35 untuk kemudian dibandingkan dengan suhu gabah. Saat proses pengeringan, suhu dan kelembaban gabah terus dikontrol melaui LCD yang menampilkan suhu dan kelembaban gabah. Suhu dan kelembaban gabah itu kemudian dimasukkan kedalam beberapa derajat keanggotaan, untuk selanjutnya bisa diterjemahkan kedalam logika-logika fuzzy, apakah dengan suhu dan kelembaban sekian gabah tergolong kering, normal, atau masih basah?

Setelah beberapa percobaan, diperoleh hasil mesin bekerja sesuai perintah yang diatur dalam metode fuzzy logic dalam proses pengeringan, yaitu terus memberi udara panas selama proses pengeringan, dan memasukkan kondisi gabah kedalam fungsi keanggotaan yang telah dirancang, antara kering, normal atau basah. Namun dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai set point kelembaban 14%. sht11, lm35, fuzzy logic

Subjek

Fuzzy logic
 

Katalog

PERANCANGAN MESIN PENGERING GABAH BERAS MENGGUNAKAN SENSOR SHT11 DAN LM35 DENGAN METODE FUZZY LOGIC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DAVID ANDIKA SIHOMBING
Perorangan
EFRI SUHARTONO; FIRMAN PRIMA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini