REALISASI SISTEM MONITORING DAN CONTROLLING MOTOR AC 3 FASA MENGGUNAKAN INVERTER DAN PLC LG GLOFA BERBASIS SCADA

RIO BAGUS DWIARSO

Informasi Dasar

115070094
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

SCADA adalah salah satu sistem monitoring dan controlling yang banyak digunakan di industri saat ini. SCADA merupakan singkatan dari Supervisory Control And Data Acquisition. Maksud dari SCADA yaitu pengawasan, pengontrolan dan pengumpulan data. SCADA merupakan sistem kombinasi dari telemetri dan akusisi data. Sistem ini terdiri dari pengambilan informasi, transfer data yang diambil ke pusat pengendali, kontrol dan pengambilan analisis dan kemudian penampilan data dalam monitor.

Motor 3 AC fasa merupakan perangkat yang banyak dijumpai di industri, sehingga perangkat ini perlu dimonitor dan dikontrol kecepatan putarannya. Aplikasi SCADA dalam Tugas Akhir ini digunakan untuk merealisasikan sistem monitoring dan controlling antara operator atau teknisi dengan sebuah motor AC 3 fasa dengan mengunakan PLC dan inverter secara realtime yang bertujuan untuk mengontrol dan memonitor kecepatan putaran motor AC 3 fasa sesuai dengan yang diinginkan berbasis SCADA. Agar dapat menggerakkan motor AC 3 fasa dengan sumber tegangan 1 fasa dibutuhkan alat pengkonversi tegangan seperti inverter. Inverter dapat beroperasi setelah mendapat nilai set point input berupa frekuensi, akselerasi, dan deselarasi oleh users. Untuk hal pengontrolan inverter dilakukan oleh PLC dengan program berupa ladder diagram. Supaya SCADA dapat berkomunikasi dengan PLC untuk mengirim dan menerima data satu sama lain diperlukan komunikasi protokol disebut modbus.

Hasil pengujian adalah sistem monitoring dan controlling telah berhasil dilakukan dan secara subjektif. Dengan memberikan input frekuensi yang berubah-ubah dari 10 Hz sampai 50 Hz melalui inverter dapat dikontrol kecepatan motor AC 3 fasa tetapi terdapat slip kecepatan yang berubah-ubah dari 52,72% sampai dengan 20,63%.

Kata kunci : SCADA, inverter, motor AC 3 fasa, PLC, monitoring, controlling

Subjek

PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)
 

Katalog

REALISASI SISTEM MONITORING DAN CONTROLLING MOTOR AC 3 FASA MENGGUNAKAN INVERTER DAN PLC LG GLOFA BERBASIS SCADA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIO BAGUS DWIARSO
Perorangan
PORMAN PANGARIBUAN; EKKI KURNIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini