Perancangan dan Implementasi NCS (Networked Control Systems) Menggunakan PLC (Programmable Logic Controller) OMRON Berbasis Jaringan Ethernet

Aris Ramadhan

Informasi Dasar

115080004
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian perancangan dan implementasi NCS (Networked Control Systems) ini diaplikasikan pada automasi industri dengan menggunakan PLC (Programmable Logic Controller) OMRON sebagai controller berbasis jaringan Ethernet. Percobaan untuk mengetahui delay pada sinyal kontrol, akurasi kontrol dan waktu cycle time PLC dilakukan melalui empat tahap. Tahap pertama identifikasi komponen NCS dan karakteristiknya. Tahap kedua perancangan NCS. Tahap ketiga melakukan simulasi alur proses kerja pada sistem dan simulasi jaringan. Tahap keempat implementasi pada plant automasi industri.

Penelitian ini menggunakan PLC OMRON dengan jaringan komunikasi Ethernet. Pengukuran delay dilakukan dengan mengamati status port komunikasi pada PLC. Pengukuran akurasi kontrol dilakukan dengan mengamati proses pembuangan benda dari conveyor. Pengukuran waktu cycle time PLC dilakukan dengan mengambil data cycle time dari memory PLC.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa delay rata-rata pada skenario 0 adalah 0 detik; skenario 1: 0,943 detik; delay rata-rata pada skenario 2: 1,372 detik; delay rata-rata pada skenario 3: 1,812 detik. Rata-rata akurasi kontrol 100% pada skenario 0 adalah 100%, pada skenario 1: 89,285%, pada skenario 2: 75%, dan pada skenario 3: 69,285%. Nilai rata-rata cycle time PLC pada skenario 0 adalah 1,719 ms; pada skenario 1: 2,014 ms; pada skenario 2: 2,017 ms; dan pada skenario 3: 2,0074 ms.

Delay pada jaringan dapat menurunkan akurasi kontrol. Kondisi traffic yang tinggi atau rendah tidak mempengaruhi waktu cycle time PLC. Design, Implemetation, NCS (Networked Control Systems), PLC (Programmable Logic Controller) OMRON, Ethernet network.

Subjek

PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi NCS (Networked Control Systems) Menggunakan PLC (Programmable Logic Controller) OMRON Berbasis Jaringan Ethernet
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aris Ramadhan
Perorangan
M. Ary Murti; Leanna Vidya Yovita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini