PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI TUNER DENGAN METODE FUZZY SUGENO BERBASIS MIKROKONTROLER

Rahadian Saputro

Informasi Dasar

115080050
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Gitar merupakan contoh alat musik yang banyak dimainkan. Gitar yang baik adalah gitar yang memiliki nada yang harmonis. Pengharmonisasisan nada gitar (penalaan) meliputi proses mendengar nada yang dihasilkan dan memutar bagian tuning machine pada gitar. Bagi orang awam, proses ini sangat sulit. Cepat,lambat,mudah dan susahnya proses ini tergantung dari kemampuan seseorang untuk mengenali nada pada tiap senar.

Pada tugas akhir ini, dirancang tuner gitar dengan metode fuzzy logic menggunakan mikrokontroler dan sebuah motor servo DC untuk memutar tuning machine pada gitar. Alat ini membandingkan frekuensi sinyal input dari tiap senar dengan frekuensi fundamental senar tersebut. Jika belum sesuai, maka sebuah motor servo DC akan memutar bagian tuning machine pada gitar hingga didapat frekuensi yang sama. Fuzzy logic digunakan untuk mengontrol motor agar proses pemutaran tuning machine lebih akurat dan cepat. Proses ini akan berjalan secara real-time.

Kelebihan alat ini jika dibandingkan dengan tuner gitar yang telah banyak dipakai adalah sistem pemutaran tuning machine yang otomatis dan tidak memerlukan bantuan tangan manusia untuk memutar. Dengan alat ini proses pengaturan nada gitar akan berjalan dengan mudah dan singkat bagi siapapun. Implementasi sistem tuner gitar pada mikrokontroller ini menghasilkan alat yang mampu berjalan secara real time dengan toleransi error sebesar 2,893%. fuzzy logic , real-time, tuning machine, motor servo DC, Tuner Gitar.

Subjek

MIKROKONTROLLER
Fuzzy logic,

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI TUNER DENGAN METODE FUZZY SUGENO BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rahadian Saputro
Perorangan
Gelar Budiman; Budi Setiadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini