Perancangan dan Implementasi Remote I/O Untuk Programmable Logic Controller Menggunakan Komunikasi Wireless

Luthfy Delftyana Mulya

Informasi Dasar

115080065
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media transmisi pengiriman data dapat dilakukan dengan menggunakan kabel atau tanpa kabel (wireless). Komunikasi wireless adalah sistem komunikasi yang menggunakan frekuensi/spektrum radio dalam pengiriman dan penerimaan informasi yang didapat tanpa koneksi fisik. Keuntungan komunikasi wireless daripada menggunakan kabel adalah meminimalisir penggunaan kabel, mengurangi biaya instalasi pemasangan kabel, dan tidak banyak memakan waktu dalam instalasi kabel yang rumit. Batasan komunikasi menggunakan wireless ini adalah akan adanya interferensi jika digunakan bersamaan dan batas jarak tempuh pada saat pengiriman atau penerimaan data. Maka dari itu, judul tugas akhir ini adalah “Perancangan dan Implementasi Remote I/O untuk Programmable Logic Control Menggunakan Komunikasi Wireless.” Jadi tugas akhir ini menggunakan komunikasi wireless.

Pada tugas akhir ini, Programmable Logic Control (PLC) digunakan sebagai pengontrol masukan sebelum masukan tersebut dikirim secara wireless menuju perangkat aktuator agar keluarannya sesuai dengan yang diinginkan. Tidak hanya PLC alat yang digunakan dalam tugas akhir ini tetapi terdapat rangkaian mikrokontroler, RS232, dan modul komunikasi wireless dengan standar Zigbee. Dimana zigbee adalah spesifikasi untuk jaringan protokol komunikasi tingkat tinggi, menggunakan radio digital berukuran kecil dengan daya rendah dan berbasis pada standar IEEE 802.15.4-2003 untuk jaringan wireless personal tingkat rendah.

Hasil yang didapat adalah mengimplementasikan expansion board, yang sudah dibuat dari hasil tugas akhir ini, di PLC OMRON CP1H. Kemampuan dari expansion board ini adalah dapat menggerakkan plant yang tersambung secara wireless dengan PLC CP1H. Plant tersebut akan bergerak sesuai dengan program yang terdapat pada CP1H. Hasil delay komunikasi antar Zig-100 yang didapat adalah 18,8 ms dan 18,9 ms. Hasil jarak jangkau terjauh yang didapat dari mode peer to peer adalah 29,4 m. Hasil jarak jangkau terjauh yang didapat dari mode broadcast adalah 24 m. Dan hasil jarak jangkau terjauh yang didapat dari multihop adalah 38,5 m.
Komunikasi Wireless, Programmable Logic Controller, ZigBee

Subjek

PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Remote I/O Untuk Programmable Logic Controller Menggunakan Komunikasi Wireless
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Luthfy Delftyana Mulya
Perorangan
M. Ary Murti; Denny Darlis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini