Perancangan Dan Implementasi Power Amplifier dengan Metode Switching Menggunakan Voltage-Controlled OScillator

Roy Hasudungan Sidabutar

Informasi Dasar

115080088
004.66
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berbagai macam teknik diciptakan pada teknologi power amplifier (penguat daya) untuk memaksimalkan kinerja power amplifier. Penguat daya merupakan suatu alat yang menghasilkan daya keluaran yang lebih besar dibandingkan dengan daya masukannya. Penguat daya memiliki beberapa kelas yang memiliki nilai efisiensi yang berbeda-beda. Pada power transistor akan dihasilkan panas yang mengakibatkan banyaknya daya yang hilang pada penguatnya. Panas pada power transistor tersebut dapat dikurangi dengan teknik switching atau sering disebut sebagai teknik pensaklaran, teknik ini juga dapat meningkatkan efisiensi dayanya.

Pada tugas akhir ini diterapkan metode switching menggunakan voltage-controlled oscillator (VCO). Metode ini dibuat untuk mengurangi daya hilang yang disebabkan oleh power transistor yang panas, sehingga efisiensi konversinya lebih tinggi. Sinyal masukan diubah menjadi sinyal pulsa dengan rangkaian VCO, dimana lebar pulsa keluarannya berbeda-beda. Sinyal keluaran tersebut akan diubah kebentuk sinyal pulsa yang memiliki lebar pulsa yang sama dengan menggunakan multivibrator monostabil. Sinyal yang sudah memiliki lebar pulsa yang sama tersebut akan dikuatkan lalu difilter untuk mengembalikan bentuk sinyal keluaran ke bentuk sinyal masukan.

Pada tugas akhir ini, dirancang sebuah switching power amplifier yang berfungsi untuk mendrive power transistornya, sehingga power transistor tidak mengalami panas dan kemungkinan akan mengalami panas dalam jangka waktu yang cukup lama. Terbukti pada sinyal masukan (sinyal sinusoidal) 2 Vpp sampai dengan 8Vpp , penguat daya ini mampu menghasilkan efisiensi konversi daya yang cukup tinggi yaitu sekitar 96% baik dengan menggunakan beban atau tanpa menggunakan beban. Voltage-Controlled Oscillator (VCO), Multivibrator Monostabil, Power Amplifier, Filter.

Subjek

SWITCHING METHODS
 

Katalog

Perancangan Dan Implementasi Power Amplifier dengan Metode Switching Menggunakan Voltage-Controlled OScillator
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Roy Hasudungan Sidabutar
Perorangan
M. Sarwoko; Efa Maydhona Saputra
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini