PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI CHARGER BATERAI PORTABLE MENGGUNAKAN DC CHOPPER TIPE BOOST CONVERTER DENGAN MEMANFAATKAN ENERGI SURYA

Andre Pradana

Informasi Dasar

115080091
621.042
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sekarang ini ada banyak cara untuk mendapatkan sumber listrik tegangan DC. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pemanfaatan energi surya melalui alat bernama panel surya. Dengan melakukan pemanfaatan panel surya ini, bisa didapatkan sumber listrik tegangan DC di mana saja tanpa menyebabkan polusi.

Prinsip kerja dari panel surya adalah mengubah cahaya matahari atau energi matahari menjadi energi listrik. Setiap satu kotak sel surya atau biasa disebut wafer mengeluarkan tegangan DC sebesar 0,5V yang timbul akibat perpindahan elektron-elektron dan hole-hole yang ditangkap oleh lapisan dari bahan semikonduktor P dan N yang terdapat pada wafer panel surya. Pada tugas akhir kali ini, panel surya akan digunakan sebagai sumber listrik charger baterai portable. Tegangan listrik yang dihasilkan oleh panel surya kurang lebih sebesar 5V akan digunakan untuk men-charge baterai power bank dengan tegangan 3,7V yang sebelumnya telah dilewatkan pada regulator tegangan terlebih dahulu untuk mendapatkan tegangan yang stabil. Baterai 3,7V ini digunakan sebagai penyimpan energi pada charger sehingga charger ini pun bisa digunakan walaupun tidak ada cahaya matahari. Setelah energi disimpan pada baterai, tegangan keluaran baterai akan diubah menjadi 8.5V menggunakan DC Chopper tipe boost converter dengan memanfaatkan pengontrolan PWM. Tegangan yang telah diubah ini akan digunakan untuk melakukan proses charging beban berupa handphone dan baterai kamera.

Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, didapatkan sebuah sistem charging dengan tegangan keluaran yang stabil dapat melakukan proses charging terhadap handphone dan baterai kamera dengan metode DC Chopper tipe boost converter dengan memanfaatkan energi surya. panel surya, charger, baterai.

Subjek

SOLAR ENERGY-ENGINEERING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI CHARGER BATERAI PORTABLE MENGGUNAKAN DC CHOPPER TIPE BOOST CONVERTER DENGAN MEMANFAATKAN ENERGI SURYA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andre Pradana
Perorangan
Porman Pangaribuan; Ekki Kurniawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini