PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PENGERING HYBRID BIJI KOPI OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER DENGAN METODE FUZZY LOGIC

WAHYU TRI HENDRA PRASETYA

Informasi Dasar

115080118
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Makalah ini menyajikan framework teknik perancangan kendali temperatur berbasis fuzzy logic yang diaplikasikan pada sebuah sistem pengering biji kopi. Dengan fuzzy logic memungkinkan dibuat sistem kendali cerdas yang mengimplementasikan kepandaian seorang pakar dalam mengendalikan temperatur. Dengan menggunakan sistem ini maka pengeringan biji kopi tidak lagi terpengaruh oleh keadaan cuaca di luar sistem. Proses pengeringan biji kopi dapat dengan mudah kita atur dengan memasukan setting point berupa derajat Celsius dan kelembaban udara berupa RH (Relative Humidity) sesuai pengeringan biji kopi yang kita inginkan.
Penekanan utama makalah ini terletak pada metodologi perancangan kendali fuzzy yang terdiri dari pemahaman sistem plant yang akan dikendalikan, identifikasi input/output, penentuan fungsi keanggotaan dan pembentukan fuzzy if-then rules. Pada proses perancangan ini penulis dibantu dengan program fuzzy toolbox Matlab sebagai simulasi fuzzy dan dengan menggunakan mikrokontroler.
Keunggulan dari sistem Pengering Hybrid Biji Kopi Otomatis ini adalah kemampuannnya mempertahankan suhu dan kelembaban di dalanm ruangan pengering baik saat digunakan tanpa bantuan pemanasan dari sinar matahari maupun saat digunakan dengan bantuan sinar matahari, selain itu juga kemampuan menon-aktifkan semua sistem pemanas setelah proses pengeringan selesai yaitu 7 jam pengeringan. Dengan menggunakan pemanas hybrid yaitu pemanas dari listrik dan pemanas dari sinar matahari akan menghasilkan penghematan energi yang terpakai sampai 56,9% dibanding hanya menggunakan pemanas dari listrik.
Fuzzy Logic, Framework, if-then rules, setting point

Subjek

MICROCONTROLLER
fuzzy logic

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PENGERING HYBRID BIJI KOPI OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER DENGAN METODE FUZZY LOGIC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHYU TRI HENDRA PRASETYA
Perorangan
Porman Pangaribuan; Budi Setiadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini