PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ALAT KEBUGARAN LAT PULL DOWN DENGAN MENGGUNAKAN DC CHOPPER STEP UP

Novan Ardian

Informasi Dasar

115080124
621.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi dalam dunia elektronika semakin berkembang di era modern ini berimbas pada semakin meningkat nyapermintaandayalistrikdarikonsumen.Tinggi nyapermintaantersebuttidakdapatdiimbangiolehproduksilistriknasional yang hanyaberkonsentrasipadapembangkitlistrikseperti PLTA, PLTU danpembangkitlistrik yang menggunakanenergitakterbarukansebagaibahanutama.Banyakhalsehari-hari yang sebenarnyadapatmenggantikantenagatakterbarukanuntukmembangkitkanlistrik, contohnyaalat-alatkebugaran.Setiap orang akanmengeluarkanenergi yang besaruntukmenggerakkanalatkebugarandanhalinilah yang dimanfaatkanuntukdijadikanpembangkitlistrik.

Tugasakhirinimembahastentangsistempembangkitlistrikmenggunakanalatk ebugaran.Manusiadapatmengeluarkanenergimekanik yang besarpadasaatmenggerakkanalatkebugaran.Energimekanik yang dihasilkantersebutdikonversimenjadienergilistrik.Talibebanpadaalatakandihubung kankesebuah generator DC yang nantinyaakanmenghasilkanenergilistrikdandisimpandidalambattery. Generator DC tersebutmenggunakanprinsipinduksielektromagnetik.Induksielektromagnetikadala hperubahanfluks magnet terhadapwaktu, akanmenyebabkantimbulnya GGL sesuaihukum Faraday. Denganmenggunakanalatkebugaransebagaipembangkitenergilistrikdiharapkandap atmembantumenambahjumlahproduksienergilistrik.

Padatahappengujian, alatinidapatmenghasilkantegangan generator antara 1,5 - 4,2 V. Tegangantersebutkemudianakandinaikkanmenggunakan boost converter sehinggamenghasilkanteganganstabilsebesar 13,5 V yang digunakanuntukmengisibaterai. Biladigunakanselama minimal 15 menit, makabateraidapatterisi 80% danakancukupuntukmenyalakanlampu DC 10 Watt selama 265 detik – 635 detik. Alatinijugadapatdigunakansekaligusmenyalakanlampudanmengisibateraiakantetap imembutuhkanwaktulebihdari 200 menit agar bateraimencapaikondisi 80% terisi.

Kata kunci :Pembangkit energi listrik, induksi elektromagnetik, generator DC, Lat Pull Down

Subjek

Electric power - generation
 

Katalog

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ALAT KEBUGARAN LAT PULL DOWN DENGAN MENGGUNAKAN DC CHOPPER STEP UP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Novan Ardian
Perorangan
M. Sarwoko; Ekky Kurniawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini