PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PINTU OTOMATIS PADA SHELTER BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) BERBASIS MIKROKONTROLER MENGGUNAKAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) DENGAN DATABASE

Mahdi Ansory Harahap

Informasi Dasar

115081015
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem keamanan pada saat memasuki shelter Base Transceiver Station (BTS) sangatlah meresahkan pihak tertentu karena masih menggunakan secara manual dan masih sering dijumpai kehilangan suatu peralatan bahkan perangkat yang berada didalam shelter. Dengan kehadiran mikrokontroler sebagai pengontrol atau pengendali setiap perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang berhubungan dengan aplikasi kehidupan sehari – hari mungkin bisa membantu dalam pengontrolan sistem pintu otomatis pada shelter Base Transceiver Station (BTS).

Oleh karena itu, dibutuhkan suatu perancangan sistem pintu otomatis yang dapat mengatasi kondisi tersebut. Perancangan sistem pintu otomatis yang merupakan salah satu bentuk aplikasi penggunaan mikrokontroler sebagai sistem pengontrol yang dapat merespon input dan output yang terdiri dari Radio Frequency Identification (RFID), Keypad, Liquit Crystal Display (LCD), Visual Basic 6.0, dan Database sesuai dengan program yang diperintahkan. Apabila RFID reader membaca RFID tag maka mikrokontroler akan mengolah data RFID tag lalu dikirim ke Visual Basic 6.0 untuk dibandingkan dengan database. Apabila RFID tag sudah terdaftar di database maka Visual Basic 6.0 mengirimkan password dari database ke mikrokontroler. Kemudian mikrokontroler akan meminta keypad untuk memasukan password. Apabila password yang dimasukan dari keypad sesuai dengan password yang dikirim dari Visual Basic 6.0, maka mikrokontroler akan mengaktifkan solenoid dan kemudian pintu akan terbuka.

Dari hasil penelitian Tugas Akhir ini, diperoleh Jarak untuk pembacaan RFID tag adalah 2,5 cm dengan catudaya RFID reader yang diparalelkan dengan rangkaian mikrokontroler adalah 8,44 volt. Komunikasi data antara mikrokontroler dengan Personal Computer (PC) menggunakan komunikasi serial asinkron. Catudaya solenoid untuk membuka pintu sebesar 7,17 volt. Dengan demikian dapat disimpulkan alat yang dirancang sudah berkerja sebagaimana mestinya. Radio-Frequency Identification (RFID), Personal Komputer (PC), Visual Basic 6.0,database, mikrokontroler, , Liquit Crystal Display (LCD), Keypad dan Solenoid.

Subjek

MIKROKONTROLLER
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PINTU OTOMATIS PADA SHELTER BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) BERBASIS MIKROKONTROLER MENGGUNAKAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) DENGAN DATABASE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Mahdi Ansory Harahap
Perorangan
Porman Pangaribuan; Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini