PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI HALF BRIDGE CONVERTER PADA INVERTER GELOMBANG SINUS SATU FASA BERBASIS MIKROKONTROLER

Davin Pragita Ramadani

Informasi Dasar

115081029
621.313
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Energi merupakan kebutuhan dasar manusia. Satu hal yang manusia tidak bisa lepas darinya adalah kebutuhan akan energi listrik. Listrik menjadi faktor utama dalam aktifitas manusia. Sebagian besar perangkat - perangkat elektronik membutuhkan listrik AC. Kebutuhan akan sumber listrik AC pun semakin banyak. Sedangkan sumber listrik bukan hanya berasal dari listrik AC misalnya pada generator AC maupun listrik PLN. Sumber listrik bisa berupa sumber listrik DC. Contohnya Panel Surya, Baterai, Aki, Generator DC dan lain lain. Untuk itu dibutuhkan sebuah alat yang dapat merubah listrik DC menjadi listrik AC yang biasa disebut dengan inverter.

Pada umumnya inverter dibuat untuk menghasilkan listrik AC tanpa memperhatikan bentuk sinyal dan tegangan yang dihasilkan. Namun inverter yang baik adalah inverter yang memiliki sinyal sinusoidal dan juga mampu menstabilkan tegangan keluaran walaupun beban yang digunakan bervariasi. Selain itu inverter dengan sinyal sinusoidal dan tegangan yang konstan juga tidak merusak perangkat elektronik. Salah satu cara yang digunakan untuk membuat inverter dengan tegangan keluaran yang stabil adalah dengan menambahkan DC to DC Converter pada inverter tersebut. DC Converter yang digunakan adalah topologi Half-bridge converter yang terdiri dari Kapasitor Daya, switching MOSFET yang besar PWM-nya dikontrol mengunakan mikrokontroler AtMega8-16, Transformator Frekuensi Tinggi, Fast Switching Diode rectifier dan filter LC serta sebuah Sensor tegangan sebagai feedback.

Dari hasil penelitian, didapat efisiensi daya tertinggi sebesar 89,56% dengan beban resitif lampu pijar 99 ? sebesar 40 Watt. Sedangkan nilai efisiensi daya tertinggi pada pengujian beban induktif menggunakan motor AC paralel 50 Watt sebesar 97,37% dengan error tegangan sebesar 2,5V. Dari hasil pengujian dan analisa dapat disimpulkan bahwa rangkaian half-bridge converter pada inverter full-bridge yang dirancang sudah bekerja dengan baik dalam mengatur tegangan keluaran sebesar 220 Volt dengan besar beban yang bervariasi. AC, Inverter , Half-bridge converter, Switching, PWM, Rectifier, AtMega8-16

Subjek

Generating macinery
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI HALF BRIDGE CONVERTER PADA INVERTER GELOMBANG SINUS SATU FASA BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Davin Pragita Ramadani
Perorangan
Ekki Kurniawan; Efri Suhartono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini