PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI NOISE CANCELLER PADA RECEIVER BERBASIS FPGA UNTUK DATA STEGANOGRAFI GAMBAR KE DALAM AUDIO.

NANDHINI DHAIRYA NAMASKERTY

Informasi Dasar

115090006
006.42
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, pengiriman data dari satu pihak ke pihak lain sangat mudah dilakukan. Dalam pengiriman data digital dari transmitter ke receiver, suatu proses pengamanan data dan proses penghilangan noise mempunyai peranan yang sangat penting. Steganografi merupakan teknik pengamanan data dengan menyembunyikan data ke dalam sebuah data lain dengan format yang berbeda, format asli nya hanya diketahui oleh pihak yang mengetahui kunci dari format tersebut.Selain proses pengamanan data, penghilangan noise yang akan dikirimkan pun memiliki kepentingan yang sama.Penghilangan noise ini bertujuan untuk mendapatkan kembali data asli tanpa ada pengaruh noise yang kemungkiaan akan menyebabkan data yang diterima pada receiver berbeda dengan data yang dikirimkan oleh transmitter. Penghilangan noise (noise cancelling) ini menggunakan metode Spectral Subtraction (SS- Method) dimana metoda ini menggunakan domain frekuensi untuk proses penghilangan noise (noise cancelling).

Pada tugas akhir ini, dirancang sebuah sistem yang bertujuan menghilangkan noise yang tersimpan pada data steganografi gambar ke dalam audio yang dikirimkan. Hasil perancangan dimodelkan dengan bahasa pemrograman VHDL (Very High Speed Integrated Circuit Description Language) dan disimulasikan dengan menggunakan I-Sim yang kemudian disintesis dan diimplementasikan menggunakan Xilinx ISE 13.2 Target perangkat yang digunakan adalah FPGA VIRTEX 4 XC4VLX25-10SF363 dengan tampilan keluaran melalui Chipscope Pro Analyzer dan GUI (Graphic User Interface) pada Matlab R20012a.

Dari hasil pemodelan dan simulasi maka dilakukan sintesis pada tingkat hardware FPGA dengan Xilinx Shynthesize Tools. Dari hasil sintesa blok Noise cancellation didapatkan jumlah resource yang dibutuhkan adalah slice sebesar 21, Slice flip lop 23, LUT 75, IOB 18, FIFO16/RAMB 16 sebanyak 38 dan GCLK 2. Hasil sinyal yang dihasilkan pada tingkat software dengan Matlab dihasilkan nilai MSE sebesar 0,000999, 0,001284, 0,007383 dengan PSNR sebesar 78,13359, 77,04559, 69,44858.

steganografi, noice canceller, spectral substraction method, FPGA.

Subjek

Image processing - signal processing
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI NOISE CANCELLER PADA RECEIVER BERBASIS FPGA UNTUK DATA STEGANOGRAFI GAMBAR KE DALAM AUDIO.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NANDHINI DHAIRYA NAMASKERTY
Perorangan
PORMAN PANGARIBUAN; DENNY DARLIS
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini