RANCANG BANGUN PERANGKAT REDUKSI GAS BUANG DENGAN MEMANFAATKAN TEGANGAN TINGGI

Yusuf Amiruddin

Informasi Dasar

115090026
621.381 537
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kesehatan merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh setiap manusia untuk tetap bisa beraktifitas dalam kehidupan. Banyak upaya yang dilakukan manusia untuk menjaga kebugaran tubuhnya seperti kegiatan olahraga yang teratur juga melakukan pola makan yang teratur. Namun usaha tersebut terkadang masih belum menghindarkan manusia dari penyakit, hal ini dikarenakan lingkungan tinggal manusia kini sudah tercemar dengan berbagai polutan termasuk polusi udara. Untuk itu perlu dilakukan pengendalian limbah gas yang akan dilepas ke udara agar lingkungan tetap terjaga.

Secara alami polutan diudara dapat dibersihkan dengan fenomena alam berupa petir. Karena petir merupakan listrik alam bertegangan tinggi, dimana tegangan tinggi mampu memecah partikel dalam gas. Secara teknologi bisa dikembangkan berbagai metode untuk menghasilkan tegangan tinggi. Salah satunya adalah dengan step-up tegangan yang dalam hal ini menggunakan transformator. Input transformator ditambahkan sebuah dc-dc converter berupa boost converter yang akan memberikan input tegangan yang bervariasi. Pengendalian switching pada boost converter dan transformer digunakan PWM dari mikrokontroler dengan frekuensi tinggi. Sistem kerja pada perangkat ini menggunakan logika Fuzzy. Fuzzy akan mengolah data yang diterima oleh sensor. Dalam perancangan penelitian ini hanya digunakan sensor gas karbon monoksida.

Hasil dari penelitian adalah transformator mampu menghasilkan tegangan tinggi dengan rentang 5021,61 volt sampai 9210,91 volt. Reduksi tertinggi yang yang terjadi pada gas Carbon Monoxida (CO) berkisar 62,09% pada sistem udara yang sirkulasikan pada ruang yang sama selama satu menit. Sedang pada sistem yang dialirkan ke ruang bebas nilai reduksi berkisar 9,68% (proses alir sepuluh detik). Pada uji sistem keseleruhan penghematan daya sebesar 23,33% (perbandingan antara metode konvensional dan metode logika fuzzy). boost-converter, transformer step-up, switching, PWM, reduksi

Subjek

Switching
 

Katalog

RANCANG BANGUN PERANGKAT REDUKSI GAS BUANG DENGAN MEMANFAATKAN TEGANGAN TINGGI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yusuf Amiruddin
Perorangan
Erwin Susanto; Ekki Kurniawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini