REALISASI SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA OMBAK

Yanra Rahmaisa Putra

Informasi Dasar

115090088
621.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Energi listrik merupakan energi yang sangat dibutuhkan. Hampir semua kebutuhan hidup memerlukan energi listrik. Dalam keperluan sehari-hari misalnya kulkas, lampu, handphone. Untuk keperluan pekerjaan misalnya komputer, fax, dan lain lain. Karena kepentingannya tersebut maka energi listrik ini harus selalu tersedia. Saat ini sudah ada banyak pembangkit listrik. Contohya pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga udara, pembangkit listrik tenaga batu bara. Namun kebanyakan dari pembangkit listrik tersebut kurang efisien, tidak ramah lingkungan, dan biaya pembuatannyapun relatif mahal. Misalnya pembangkit listrik tenaga batu bara yang saat ini digunakan untuk menghasilkan 60% listrik dunia. Emisi karbon dari pembangkit listrik ini dapat memicu hujan asam dan polusi udara. Saat ini pencemaran yang dihasilkan tersebut telah dikaitkan dengan pemanasan global karena komposisi kimia dari batu bara.

Dalam tugas akhir ini akan dirancang sebuah pembangkit listrik yang efisien dan ramah lingkungan yang dapat menggantikan pembangkit listrik yang saat ini masih memiliki kekurangan yaitu pembangkit listrik tenaga ombak. Pembangkit listrik tenaga ombak adalah alat yang dapat membangkitkan listrik dengan menggunakan ombak sebagai sumber energinya. Pembangkit listrik ini memanfaatkan energi gerak ombak yang kemudian akan digunakan untuk memutar generator yang dapat menghasilkan energi listrik. Ombak di lautan akan menggerakan pelampung naik dan turun. Gerakan ini disebut gerak harmonik. Pelampung tersebut dihubungkan dengan piston yang akan memutar generator dengan menggunakan rantai sebagai penghubungnya. Lalu energi listrik yang dihasilkan generator akan disimpan dalam baterai. Baterai dapat langsung digunakan pada beban DC atau dimasukan ke inverter untuk digunakan pada beban AC. Keunggulan dari alat ini adalah efisien karena memanfaatkan ombak yang terus bergerak. Selain itu ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi udara yang membahayakan. Dalam tugas akhir ini alat yang dibuat berskala kecil.

Pembangkit listrik tenaga ombak ini menggunakan relay yang akan memutus tegangan yang masuk ke baterai pada saat tegangan baterai mencapai 13,8 volt. Alat ini dapat menghasilkan tegangan rata-rata 12,71 volt. Pengisian aki selama 30 menit menghasilkan pertambahan tegangan aki rata-rata 0,02 volt. Dan efisiensi Battery Control Unit yang dihasilkan adalah 82%.

Emisi, inverter, gerak harmonik

Subjek

ELECTRONIC
 

Katalog

REALISASI SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA OMBAK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yanra Rahmaisa Putra
Perorangan
SARWOKO, EKKI KURNIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini