Rental kendaraan dewas a ini sudah semakin men jamur terutama di kota-kota besar. Tetapi keban yak an dari rental kendaraan tersebut masih menggunakan metode konvensional dalam hal pemesanann ya, yaitu melalui telepon, sms maupun mendatangin ya l angsun g. P engecekan ketersediaan kendaraan juga masih secara manual. Custome r mengecek ketersediaan kendaraan dari satu rental ke rental yang l ain yang tent un ya m emakan waktu dan bia ya. Oleh karena i tu akan dirancang s ebuah web portal yan g akan memud ahkan customer untuk mencari informasi. Berangkat dari permasalahan yang t elah disebutkan, nantinya akan diidentifikasi proses bisnis apa saja yang terjadi antara customer dan per usahaan penyewaan kend araan. P erancangan p ortal website E-Vehicle menggunakan metode waterfall yang meliputi analisis, design, coding, serta testing . Sistem E-Vehicle mempunyai fitur yan g membantu customer untuk mendapatkan i nformasi mengenai kendaraan, ketersediaan kendaraan secara r ealtime tanpa harus d atang ke stor e, serta informasi mengenai perawatan s etiap kendaraa n. Portal E-Vehicle ju ga dapat mengakomodasi kebutuhan perusahaan pen yew aan d alam m elakukan kegi atan pemasaran. Hasil dari perancan gan web E-vehicle dapat diterima oleh user dengan melakukan pengujian sistem. Semua fitur pada web E- Vehicle dapat mengak omodasi kebutuhan customer unt uk mendapatkan informasi. E-vehicle ju ga bisa menjadi m edia pemasaran b agi perusahaan rental. Bahkan perusahaan rental ya ng b aru berdiri tidak perlu melakukan kegi atan pemasaran yang berlebihan karena melalui portal ini nantin ya customer akan datang dengan sendirin ya. Crowdsourcing , P enyewaan kend araan, e-commerce