PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PROGRAM TEMPAT PRAKTEK KETERAMPILAN USAHA LEMBAGA PENDIDIKAN PEDESAAN DI KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA DENGAN METODE WATERFALL

Widianto Pribadi

Informasi Dasar

116080030
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Program Pengembangan TPKU (Tempat Praktek Keterampilan Usaha) merupakan program pemerintah yang difasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) untuk meningkatkan keterampilan teknis para lulusan sekolah pada tingkat SMU (Sekolah Menengah Umum) dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) di pedesaan.Proses-proses pada Program Pengembangan TPKU masih dilakukan secara manual, antara lain proses pengajuan proposal, pelaporan dokumen prestasi, dan penilaian pada proses permohonan dan pemantauan. Proses yang dilakukan secara manual saat ini perlu dilakukan perbaikan dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan layanan dan mempermudah proses-proses yang ada pada Program Pengembangan TPKU.

Pemanfaatan teknologi informasi pada Program TPKU dilakukan dengan pengembangan sistem informasi yang menggunakan metode Waterfall. Metode Waterfall merupakan metode pengembangan sistem dengan menggunakan pendekatan secara sistematis dan urut mulai dari level kebutuhan sistem lalu menuju ke tahap analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan.Analisis dan perancangan sistem ini menggunakan UML (Unified Model Language)dan Codeigniter sebagai framework dalam pembangunan sistem. Pengujian sistem menggunakan Blackbox Testing dan User Acceptance Test.

Hasil dari pengembangan sistem informasi ini dapat mempermudah pihak sekolah dalam melakukan proses permohonan dan pelaporan prestasi dalam pengembangan TPKU. Sistem ini juga membantu pihak Kementerian Koperasi dan UKM untuk meningkatkan pelayanan dan mempermudah proses penilaian permohonan dan pemantauan, serta melihat laporan Program Pengembangan TPKU dalam bentuk tabel dan grafik. Sistem ini diharapkan diimplementasikan di Kementerian Koperasi dan UKM.

Program Pengembangan TPKU, Waterfall, UML, Codeigniter, framework

Subjek

INFORMATION MANAGEMENT
 

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PROGRAM TEMPAT PRAKTEK KETERAMPILAN USAHA LEMBAGA PENDIDIKAN PEDESAAN DI KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA DENGAN METODE WATERFALL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Widianto Pribadi
Perorangan
Yuli Adam Prasetyo, ST., MT; Nia Ambarsari, SSi., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini