PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PUSKESMAS TERPUSAT DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN BANDUNG MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE

Bagus Resa Destian

Informasi Dasar

116080033
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung merupakan salah satu yang menyelenggarakan pelayanan publik di bidang kesehatan. Sebagai lembaga mitra pemerintah dan pemerintah daerah dibawah naungan Direktorat Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan mempunyai peran melakukan advokasi dalam mendukung pelaksanaan urusan pemerintahan terutama dibidang kesehatan. Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis kesehatan di bawah supervisi Dinas Kesehatan Kabupaten/kota. Secara umum, mereka harus memberikan pelayanan preventif, promotif, kuratif sampai dengan rehabilitatif baik melalui upaya kesehatan perorangan atau upaya kesehatan masyarakat. Puskesmas berkewajiban memberikan layanan kepada pasien dan memberikan pencatatan laporan ke Dinas Kesehatan.
Perlunya integrasi Dinas Kesehatan dan Puskesmas guna memperbaiki kualitas kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kabupaten Bandung melalui penelitian ini untuk membangun Sistem Informasi Puskesmas Terpusat untuk mempermudah pelayanan Puskesmas ke masyarakat dan pelaporan ke Dinas Kesehatan. Sistem dibangun berbasis website menggunakan codeigniter dengan metode iterative. Analisis dan perancangan sistem menggunakan object oriented desaign yaitu usecase, class ,activity dan sequence diagram.
Hasil yang dicapai dalam pembangunan sistem informasi dalam penelitian ini, diharapkan akan membantu Puskesmas dalam pelayanan kesehatan masyarakat dan saling terintegrasi dengan Dinas Kesehatan. Fungsional di dalam sistem informasi puskesmas ini antara lain online medical record, pencatatan informasi pasien dan laporan-laporan Puskesmas dan Dinas Kesehatan dalam bentuk grafis kunjungan pasien dan Laporan Jenis Penyakit Penyakit. online medical record, object oriented, iterative, Dinas Kesehatan,

Subjek

INFORMATION MANAGEMENT
 

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PUSKESMAS TERPUSAT DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN BANDUNG MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Bagus Resa Destian
Perorangan
Yuli Adam Presetyo ST.,MT; Pitrasacha Adytia ST.,MT.,
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini