XL JNB Bintaro merupakan salah satu NOC (Network Operation Center) yang dimiliki oleh
operator telekomunikasi Indonesia PT. XL Axiata Tbk., untuk menjalankan fungsi data center sebagai
bagian dari core business operator. JNB Bintaro dikelola oleh tim Inbuilding yang bertugas mengawasi
dan mengelola ribuan perangkat infrastruktur jaringan yang berada dalam ruang data center. Tim
Inbuilding menemui berbagai macam masalah terkait operasional JNB Bintaro. Tercatat ada beberapa
masalah yang terdapat pada JNB Bintaro yakni redundansi data perangkat, pencarian data perangkat
yang kurang efisien, keamanan dan integritas data perangkat, dokumentasi yang sangat terbatas dalam
setiap operasi terhadap perangkat, hingga belum adanya dukungan untuk pengolahan informasi untuk
mendukung keputusan di tingkat manajerial yang merupakan isu bisnis terkini terkait kebijakan strategis
perusahaan. Untuk memecahkan permasalahan tersebut dibuatlah solusi berupa sistem informasi yang
diharapkan menjawab seluruh permasalahan yang ada di JNB Bintaro. Sistem ini dibangun berdasarkan
aspek kemudahan, kecepatan, dan keamanan yang sebelumnya belum diakomodasi oleh kondisi eksisting
JNB Bintaro. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode scrum, yakni salah satu bagian dari agile
software development yang sesuai dengan kondisi JNB Bintaro. Scrum memungkinkan pembangunan
sistem lebih cepat dan memiliki toleransi yang baik terhadap perubahan user requirements sehingga
memberikan tingkat kesuksesan yang lebih tinggi dibanding metode pengembangan software lainnya. sistem informasi, data center, scrum software development, agile, user oriented