Portal Konsumen adalah sebuah web portal rekomendasi bagi konsumen untuk memilih dan memutuskan produk yang ingin dibeli. Dasar pemikiran pengembangan web portal Portal Konsumen ini adalah perilaku konsumen dalam memutuskan membeli suatu produk yang melakukan pencarian informasi tentang produk tersebut kepada konsumen lain yang sudah pernah menggunakaannya. Dalam mencari informasi, konsumen akan mendapatkannya dengan cara bertanya langsung kepada konsumen yang sudah terlebih dahulu menggunakan produk tersebut.Selain itu, pernyataan kepuasan konsumen atas suatu produk dan keinginan untuk menyampaikan kepuasannya tersebut kepada orang lain. Dengan didukung oleh semakin pesatnya perkembangan penggunaan internet di Indonesia dan semakin mudahnya dalam mengakses internet, web Portal Konsumen bisa dijadikan solusi sebagai salah satu wadah dalam menampung dan menyebarkan informasi mengenai suatu produk melalui review produk tersebut
Model yang digunakan sebagai konsep pengembangan web Portal Konsumen ini adalah peer-review dalam penulisan review dan model Bayesian Estimate yang dikombinasikan dengan Weighted Scoring Model untuk metode rating . Model tersebut digunakan dan dikombinasikan dengan web portal lain yang sudah lebih dulu ada untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengembangkan web Portal Konsumen ini adalah metode Waterfall Modified dimana dilakukan analisis proses bisnis dengan melakukan perbandingan fitur-fitur terhadap proses bisnis yang lebih dahulu ada untuk memenuhi analisis kebutuhan konsumen. Lalu dilakukan perancangan menggunakan BPMN(Business Process Model Notation) sebagai perancangan proses bisnis, UML (Unified Modelling Language) perancangan sistem, tahap pengkodean hingga evaluasi portal web untuk melakukan pengujian terhadap kebutuhan pengguna.
Web Portal Konsumen ini juga menyediakan fitur-fitur alternatif untuk memutuskan membeli produk seperti fitur compare dan search best product. Untuk pengembangan lebih lanjut, masih banyak perbaikan dan fitur-fitur lain yang lebih banyak untuk mendukung kebutuhan konsumen web Portal, perilaku konsumen, internet, produk, konsumen