PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN FRAMEWORK SYMFONY DI STIA BINA NUSANTARA MANDIRI PARIAMAN

ILMI PERTIWI

Informasi Dasar

116080091
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem informasi membantu perguruan tinggi dalam pengambilan keputusan, peningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja, serta penunjang berbagai aktivitas pekerjaan. Perguruan tinggi mulai dari level akademi hingga universitas, sudah selayaknya mampu memanfaatkan sistem informasi dalam menunjang berbagai aktivitasnya. Di STIA BNM Pariaman, proses manajemen akademik yang dijalankan belum ada yang menggunakan sistem informasi. Kondisi ini berdampak terjadinya kesulitan dalam pengolahan data-data transaksi akademik yang membutuhkan cara yang tepat dalam waktu relative singkat dan hasilnya pun akurat. Hal inilah yang mendasari penelitian pengembangan sistem informasi akademik (STIA) BNM Pariaman.

Dalam penelitiannya, peneliti menerapkan metodologi peneltian waterfall. Penelitian di awali dengan observasi ke STIA untuk merumuskan cakupan proses bisnis yang akan ditangani SISFOKAD. SISFOKAD mencakup proses bisnis akademik seperti registrasi mata kuliah, dokumentasi berita acara perkuliahan, evaluasi silabus ajar, dan penilaian evaluasi belajar mahasiswa. Selanjutnya dilakukan analisis kebutuhan sistem dan perancangan sistem dengan menggunakan UML untuk membantu peneliti dalam membuat kode program (coding) SISFOKAD. Pada tahap coding, sistem ini dikembangkan dengan bahasa pemograman PHP framework symfony dan menggunakandatabase MySQL.

SISFOKAD yang telah dibuat, diuji dengan menggunakan metode user acceptance test. Hasil pengujian menunjukan respon yang positif. Menurut STIA, SISFOKAD dapat mengatasi permasalahan dan memenuhi kebutuhan dari proses bisnis akademik. STIA berminat mengimplementasikan SISFOKAD dalam proses bisnis akademik mereka.

sistem informasi akademik, framework symfony, proses bisnis akademik, STIA.

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN FRAMEWORK SYMFONY DI STIA BINA NUSANTARA MANDIRI PARIAMAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ILMI PERTIWI
Perorangan
Yuli Adam Prasetyo, ST. MT; Pitrasacha Adytia, ST. MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini