Bengkel Yud33 merupakan salah satu bengkel unggulan di kota Bogor. Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah konsumen pada pembelian sparepart serta melakukan jasa service meningkat setiap tahunya. Pengelolaan transaksi di bengkel yud33 selama ini masih dilakukan secara manual sehingga masih banyak memiliki kekurangan seperti proses transaksi penjualan spare part dan jasa service oleh pegawai bengkel yang dilakukan tanpa mengikuti peraturan yang berlaku, sehingga bagian penjual memberlakukan harga lebih tinggi dari harga yang telah di tetapkan oleh pemilik bengkel. Kemudian transaksi tertentu saja yang dicatat dan terdokumentasi, sehingga proses dokumentasi saat ini transaksi menjadi tidak terorganisir dengan baik dan proses pembaharuan data stok barang sering terjadi ketidak sesuaian antara catatan yang di berikan kepada suplier dengan jumlah barang yang ada di gudang, sehingga proses pembuatan laporan laba rugi masih sering terjadinya kesalahan data, karena banyaknya data transaksi yang harus di hitung secara manual.
Aplikasi Desktop merupakan jenis layanan sesuai dengan konsep realtime yang dibutuhkan untuk melakukan pengelolaan transaksi penjualan di bengkel yud33 bogor. Pengembangan Aplikasi Point Of Sales bengkel baru ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Selain itu bahasa pemrogramannya menggunakan java dengan tools netbean, serta perancangan sistem pada penelitian ini menggunakan model Unified Modelling Language
Aplikasi Point Of Sales dirancang dengan layanan berbasis Desktop sehingga memberikan kemudahan akses bagi pihak bengkel. Sistem ini juga dapat menyajikan laporan penjualan barang, laporan jasa dan laporan stok barang yang tersisa di gudang secara realtime dan transparan yang memudahkan pihak bengkel dalam melakukan pengecekan pembukuan bengkel. Bengkel, Point Of Sales, Aplikasi Desktop, Metode waterfall, java