Penilaian Penerapan Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Framework COBIT 5 di Institut Teknologi Telkom

Dwi Chondro Kusumaningputri

Informasi Dasar

116081018
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Dalam Rencana Strategis Institut Teknologi Telkom Tahun 2010-2013, tertulis dalam poin ke dua tujuan IT Telkom adalah “Menjadi Perguruan Tinggi Mandiri dengan Tata Kelola yang baik (Good University Governance) dengan Standar Internasional”. Sejalan dengan hal tersebut, Tata Kelola IT (IT Governance) perlu untuk segera diwujudkan. Bagian Sistem Informasi (Sisfo) selaku pengembang sistem informasi selama ini lebih banyak berfokus pada pengembangan aplikasi / sistem informasi dan infrastruktur sehingga pengukuran terhadap kesesuaian kinerja TI dengan strategi bisnis masih kurang mendapatkan perhatian. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi terhadap implementasi TI terkait tata kelola dan manajemen. Penilaian implementasi TI dapat memberikan pandangan mengenai tingkat kapabilitas IT Telkom pada saat ini dan rekomendasi untuk mencapai tingkat kapabilitas yang diharapkan untuk mewujudkan visi menuju World Class University.
Penilaian menggunakan COBIT 5 yang berfokus pada tata kelola maupun manajemen dan memiliki kontrol untuk setiap proses TI. COBIT memiliki Process Assessment Model (PAM) yang dikembangkan untuk melakukan proses penilaian terhadap proses-proses TI dalam domain COBIT dalam rangka menentukan efektifitas dan efisiensi sekumpulan proses dengan mengevaluasi tingkat kapabilitasnya (Capability Level). Penilaian dengan menggunakan COBIT 5 terdiri dari 5 tahap yaitu identifikasi awal, pre-assessment, pengumpulan dan analisis data, pelaporan hasil dan yang terakhir adalah pembuatan kesimpulan dan saran.
Berdasarkan hasil mapping Rencana Strategis IT Telkom ke dalam Enterprise Goals COBIT 5, diperoleh 12 proses prioritas untuk dinilai yaitu EDM04, EDM05, APO02, APO04, APO08, APO13, BAI02, BAI05, BAI07, BAI08, DSS01, dan DSS02.
Hasil penilaian menunjukkan proses EDM04, EDM05, APO02, APO04, APO08, APO13, BAI02, BAI05, BAI07, BAI08, DSS01, dan DSS02 berada pada level 1 yaitu performed dimana proses TI telah diimplementasikan dan mencapai tujuannya. Opportunity for Improvement (OFI) disusun berdasarkan skala prioritas untuk mencapai target yang diharapkan pada level 2 capability level yaitu Managed. Penilaian, COBIT 5, Tata Kelola TI.

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

Penilaian Penerapan Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Framework COBIT 5 di Institut Teknologi Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dwi Chondro Kusumaningputri
Perorangan
Imam Rozali, ST., MT.; Rahmat Mulyana, ST., MT., MBA.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini