PERANCANGAN MODUL PLANNING DAN CONTROL DAN MODUL ENGINEERING DALAM KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA DEPARTEMEN MAINTENANCE BERDASARKAN KNOWLEDGE MANAGEMENT CYCLE DENGAN METODE WATERFALL DI PT. DIRGANTARA INDONESIA

Dila Aliffita Isworowati

Informasi Dasar

116090003
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tugas Akhir ini membahas tentang pembuatan aplikasi Knowledge Management System pada departemen Maintenance PT. Dirgantara Indonesia. Departemen Maintenance merupakan departemen yang berperan dalam kelancaran proses pembuatan pesawat dan perawatan mesin pesawat terbang di PT. Dirgantara Indonesia. Maintenance terbagi dalam dua proses utama, yaitu preventive dan corrective. Preventive adalah maintenance yang rutin dilakukan sesuai jadwal. Corrective adalah maitenance yang dilakukan ketika terjadi kerusakan. Pada Departemen Maintenance terdapat kekurangan yaitu pada pendokumentasian perbaikan mesin sehingga perlu dilakukan penyimpanan knowledge yang dapat mendukung proses maintenance. Oleh karena itu KMS dibangun dengan menggunakan database yang handal untuk meringankan pekerjaan teknisi dan untuk menciptakan proses kerja yang efektif serta efisien.
Pembangunan KMS pada penelitian ini menggunakan metode waterfall serta sistem yang berbasis website. Metode waterfall terdiri dari beberapa tahapan antara lain Requierement, Analisis, Design dan Coding serta Testing. Framework yang digunakan dalam KMS Departemen Maintenance ini adalah framework CodeIgnitier, yang dengan kelebihannya dapat memudahkan developer lainnya untuk mengembangkan sistem lebih lanjut. Selain itu pembangunan KMS menggunakan proses KM Life Cycle yang dapat digunakan untuk menyimpan data dan memberikan informasi yang akan diolah sehingga menghasilkan knowledge.
Hasil dari penelitian ini merupakan Knowledge Management System yang memiliki peran dalam membantu proses kerja sehari-hari di Departemen Maintenance. Proses penambahan data dan perubahan data serta penyimpanan data dapat dilakukan antar bidang dalam Departeman Maintenance secara real time.
Penelitian lebih lanjut yang diharapkan dari KMS adalah penambahan fitur pemakaian alat alat apa saja yang digunakan selama melakukan maintenance.
Maintenance, Knowledge Management System, Waterfall

Subjek

KNOWLEDGE MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN MODUL PLANNING DAN CONTROL DAN MODUL ENGINEERING DALAM KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA DEPARTEMEN MAINTENANCE BERDASARKAN KNOWLEDGE MANAGEMENT CYCLE DENGAN METODE WATERFALL DI PT. DIRGANTARA INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dila Aliffita Isworowati
Perorangan
Amelia Kurniawati, ST., MT.; M. Teguh Kurniawan,ST.,MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini