PENERAPAN SISTEM FIXED ASSETS PADA MICROSOFT DYNAMICS AX 2012 DENGAN METODE SURE STEP (Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung)

Giovanni Armando Krishna Putra

Informasi Dasar

116090018
005
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Aset tetap adalah aset yang memiliki manfaat lebih dari satu tahun, digunakan untuk operasional perusahaan (tidak untuk dijual), dan nilainya mengalami penyusutan. RSUD Kota Bandung merupakan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang bagian pengelolaan aset tetapnya belum sepenuhnya terintegrasi dengan bagian keuangan, terutama dalam hal pengelolaan dan pelaporan finansial aset. Penggunaan sistem informasi yang terintegrasi dapat membantu meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan aset di RSUD Kota bandung.

Untuk itu, dilakukan penerapan sistem ERP modul Fixed Asset Microsoft Dynamics AX 2012, mengintegrasikan pelaporan dari bagian pengelolaan aset tetap ke bagian keuangan, dan melakukan migrasi data aset tetap. Penelitian menggunakan metode Sure Step, yaitu metodologi implementasi untuk produk dari Microsoft. Metode Sure Step terdiri dari beberapa fase. Di fase diagnostic, dilakukan identifikasi masalah, pembatasan masalah, dan penetapan tujuan dibantu dengan adanya studi literatur dan studi lapangan. Di fase analysis dilakukan perbandingan proses bisnis eksisting aset tetap di RSUD Kota Bandung dengan proses bisnis Microsoft Dynamics AX 2012 yang akan menghasilkan analisis gap dan proses bisnis usulan. Pada tahap design dibuat rencana migrasi data dan kriteria pengujian yang berguna untuk menguji sistem. Pada tahap development dilakukan proses konfigurasi Dynamics AX, migrasi data, dan pengujian sistem.

Hasilnya berupa sistem Fixed Assets Microsoft Dynamics AX 2012 yang bertujuan untuk menangani permasalahan yang ada di bagian aset dan keuangan RSUD Kota Bandung, khususnya pada masalah pelaporan keuangan aset. Fixed Assets, ERP, Microsoft Dynamics AX, Sure Step, RSUD Kota Bandung

Subjek

COMPUTER PROGRAMMING
 

Katalog

PENERAPAN SISTEM FIXED ASSETS PADA MICROSOFT DYNAMICS AX 2012 DENGAN METODE SURE STEP (Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Giovanni Armando Krishna Putra
Perorangan
R.Wahyu Wicaksono, S.T., M.M.; Nia Ambarsari, S.T., M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini