PENERAPAN MODUL FIXED ASSET BERBASIS DYNAMICS AX DENGAN METODE SURE STEP

STEPHANI S

Informasi Dasar

116090029
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di zaman teknologi informasi sekarang ini, banyak perusahaan-perusahaan yang sudah melakukan perubahan pada sistem perusahaannya. Sistem yang dulunya terpisah antar bagian dalam perusahaan, kini menjadi terpusat dalam satu sistem informasi. Data setiap bagian juga terpusat dalam suatu sistem informasi. Hal ini bertujuan meningkatkan efisiensi dan efektifitas sistem informasi untuk menghasilkan proses bisnis yang lebih efektif dan efisien juga. Data yang terpusat dalam sebuah sistem informasi merupakan ciri dari sistem ERP. ERP adalah paket sistem informasi yang mengintegrasikan informasi dan proses-proses berbasis informasi dalam dan antar bagian-bagian dalam organisasi. ERP memiliki berbagai modul yang mendukung berbagai fungsi dan proses pada perusahaan. Modul-modul ERP dirancang untuk mendukung setiap proses yang ada pada perusahaan dengan cara mengintegrasikan data yang berhubungan antar tiap modul. Modul yang mendukung proses bisnis aset adalah modul fixed aseet. Modul ini digunakan untuk mengelola kekayaan tetap (fixed asset) serta memberikan informasi mengenai transaksi yang berhubungan dengan aset. Modul fixed asset juga memberikan informasi tentang nilai depresiasi dari suatu aset, sehingga kedepannya perusahaan dapat mengetahui nilai aset yang dimiliki perusahaan sesudah aset tersebut mengalami depresiasi.
Pada pengimplementasian sistem ERP pada manajemen aset di IT Telkom, software yang digunakan adalah Microsoft Dynamic AX. Microsoft Dynamics AX merupakan software yang mengadaptasikan solusi bisnis manajemen, dimana software tersebut mudah untuk diadaptasikan dan diinstalasi untuk perusahaan multinasional. Modul yang digunakan untuk manajemen aset adalah modul fixed asset. Modul fixed asset pada Dynamics AX merupakan salah satu bagian dari modul financial. Modul ini sering juga disebut dengan asset accounting. Modul fixed asset menyediakan informasi rinci mengenai transaksi yang berhubungan dengan aset. Modul ini dapat memenuhi kebutuhan perusahaan saat ini, seperti proses inventarisasi, proses depresiasi, dan proses penghapusan yang lebih terotomasi, pembuatan laporan otomatis, dan penyimpanan data dengan informasi yang lengkap.
Sistem fixed asset berbasis Dynamics AX adalah sistem ERP yang digunakan untuk mengatur aset yang ada pada IT Telkom. Sistem ini dapat memudahkan setiap proses manajemen aset pada logistik IT Telkom.
ERP, Fixed Asset, Microsoft Dynamics AX

Subjek

INFORMATION MANAGEMENT
 

Katalog

PENERAPAN MODUL FIXED ASSET BERBASIS DYNAMICS AX DENGAN METODE SURE STEP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

STEPHANI S
Perorangan
R. Wahyu Wicaksono, S.T, M.M; Nia Ambarsari, S.Si, M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini