PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR E-UNIVERSITY MENGGUNAKAN FRAMEWORK ZACHMAN PADA FUNGSI AKADEMIK

Arnes Dyah Ambarwati

Informasi Dasar

116090042
371.334
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi yang cepat mempengaruhi pelayanan akademik dan non akademik perguruan tinggi sehingga perguruan tinggi dapat memberikan pelayanan secara realtime. Dalam penelitian ini dilakukan perencanaan dan perancangan arsitektur e-university. e-University merupakan sistem yang dikembangkan dan diimplementasikan khusus bagi perguruan tinggi yang diharapkan dapat mengelola kegiatan tridharma perguruan tinggi agar dapat meningkatkan kualitas layanan terhadap civitas akademik. e-University dapat menjadi penghubung antara internal perguruan tinggi, masyarakat, dan industri untuk saling berinteraksi satu sama lain. Tujuan dari penelitian ini menghasilkan blueprint dan desain arsitektur e-university.

Model penelitian ini menggunakan framework zachman. Pada kolom pertama menggambarkan arsitektur kontekstual dimana pada arsitektur ini merupakan pendefinisian visi, misi, strategi enterprise berdasarkan pandangan planner. Pada kolom kedua disebut sebagai arsitektur konseptual, dimana arsitektur ini mendefiniskan mengenai struktur organisasi, proses bisnis, dan hirarki fungsi berdasarkan pandangan owner. Pada kolom ketiga merupakan arsitektur logical yang mendefinisikan arsitektur data,aplikasi,dan teknologi berdasarkan pandangan designer.

Penelitian ini menghasilkan blueprint berupa perencanaan arsitektur kontekstual dan konseptual. Pada arsitektur konseptual dihasilkan 44 proses bisnis dalam 3 fungsi utama akademik yang terdiri dari penerimaan mahasiswa baru, operasional akademik, dan pelepasan akademik. Perancangan yang dihasilkan berupa arsitektur data, aplikasi, dan teknologi pada fungsi akademik perguruan tinggi. Arsitektur data menghasilkan rancangan entity relational diagram, dan data flow diagram. Arsitektur aplikasi menghasilkan perancangan arsitektur aplikasi yaitu 4 aplikasi pada fungsi akademik yakni aplikasi perencanaan penerimaan mahasiswa baru (PMB), promosi, penerimaan mahasiswa baru (PMB), dan operasional akademik. Arsitektur teknologi menghasilkan rancangan data center dan cloud computing. e-university, enterprise architecture, framework zachman, cetak biru, akademik

Subjek

EDUCATIONAL TECHNOLOGY
 

Katalog

PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR E-UNIVERSITY MENGGUNAKAN FRAMEWORK ZACHMAN PADA FUNGSI AKADEMIK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arnes Dyah Ambarwati
Perorangan
Seno Adi Putra, S.Si.,MT; Nia Ambarsari, ST.,MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini