PENILAIAN KUALITAS DATA DAN INFORMASI MENGGUNAKAN METODE CALDEA EVAMECAL UNTUK PERBAIKAN MANAJEMEN KUALITAS INFORMASI PADA PT.PERTAMINA LUBRICANT SALES REGIONAL III

Chanan

Informasi Dasar

116090081
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Informasi merupakan sebuah aset yang sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan perusahaan. Informasi yang berkualitas akan sangat membantu untuk pengambilan keputusan dan kebijakan di dalam perusahaan karena keputusan dan kebijakan yang diambil perusahaan secara tepat akan menghindari perusahaan dari kegagalan dan kerugian. Informasi merupakan hasil dari pengolahan data, sehin gga data dan informasi harus dikelolah dengan baik. PT.Pertamina Lubricant merupakan unit yang bergerak dibidang produksi,

distribusi dan pemasaran untuk produk

produk pelumas . Perusahaan harus mampu memastikan bahwa data yang dimiliki telah diolah menjad i sebuah informasi yang tepat, akurat dan harus mampu didapatkan dengan cara yang cepat.
Pengolahan data dan informasi pada PT.Pertamina Lubricant Sales Regional III membutuhkan penilaian melalui konsep information management process (IMP) . IMP akan dinilai menggunakan metode Caldea dan metode Evamecal yang berfokus pada tingkat kematangan suatu organisasi dalam mengolah data menjadi informasi yang berkualitas. Metode ini menggunakan standar PDCA ( Plan Do Check Act ) Deming , sehingga dapat dilakukan perbaikan secara terus menerus hingga mendapatkan hasil yang maksimal. Proses penilaian dikolaborasikan dengan konsep Capability Maturity Model Integration (CMM I ) untuk mengetahui tingkat kematangan pengolahan kualitas data dan informasi PT.Pertamina Lubri cant Sales Regional III. CMM I mendefinisikan 5 tingkatan pencapaian mulai dari level 1 ( Initial Level ) sampai pada level 5 ( Optimizing Level ). Setiap level pada metode Caldea didefinisik an key proses area (KPA) untuk memenuhi tingkat pencapaian kualitas. Pada metode Evamecal dilakukan perhitungan dari hasil metode Caldea, yang mana metode Evamecal memberikan nilai 91 sampai 100 untuk memenuhi pencapaian kualitas untuk setiap level CMMI.
H asil penilaian manajemen kualitas data dan informasi pada PT.Pertamin a Lubricant Sales Regional III didapatkan pencapaian level 1 telah terpenuhi dengan baik . U ntuk pencapaian level 2 nilai yang didapatkan masih dibawah nilai 91, sehingga masih belum memenuhi nilai pencapaian dari standar yang diberikan metode Evamecal.
Dari temuan yang didapatkan, tingkat pencapaian perusahaan masih berada pada level ( Initial Level

). Sehingga masih perlu banyak perbaikan

perbaikan yang harus dilakukan perusahaan . Dalam rekomendasi, dibuat perbaikan jangka panjang selama 5 tahun. Kualitas informasi, CALDEA, EVAMECAL, kualitas data, Capability Maturity Model (CMM), I nformation M anagement P rocess (IMP)

Subjek

INFORMATION MANAGEMENT
 

Katalog

PENILAIAN KUALITAS DATA DAN INFORMASI MENGGUNAKAN METODE CALDEA EVAMECAL UNTUK PERBAIKAN MANAJEMEN KUALITAS INFORMASI PADA PT.PERTAMINA LUBRICANT SALES REGIONAL III
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Chanan
Perorangan
Murahartawaty, ST., MT.; Mochamad Teguh Kurniawan , ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini