Teknologi In form asi (TI ) dipercaya mampu menunjang proses bisnis perusahaan dan penyampaian layanan utama ( core business ) perusahaan . Perguruan Tinggi merupakan salah satu organisasi layanan masyarakat yang bergerak dibidang pendidikan. T eknologi dan in form asi dalam Perguruan Tinggi merupakan faktor kunci untuk menunjang proses bisnisnya dalam memberikan layanan dan sebagai aset untuk mencapai keunggula n kompetitif . In form ation Technology Governance ( IT governance ) merupakan faktor penting dalam penerapan tata kelola dibidang TI . IT IL merupakan salah satu IT governance yang memiliki tujuan dalam meningkatkan efisiensi operasional TI dan kualitas layanan perusahaan/organisasi dengan fokus pada IT SM.Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu asisten manager unit pelayanan teknis sistem in form asi (UPT SISFO) Fakultas Teknik Universitas Telkom . Setiap harinya masih terdapat lebih dari 10 komplain. Sekitar 80% komplain yang diterima adalah untuk layanan yang sudah di launching kepada civitas akademika maupun kepada unit lain di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Telk om terkait dengan kualitas desain layanan yang diberikan UPT SISFO. Atas dasar itulah kebutuhan menerapkan ITIL v3 tahap service design pada kegiatan ITSM di UPT SISFO menjadi penting.Untuk memberikan kemudahan pada UPT SISFO dalam menerapkan ITIL pada pr oses ITSMnya. Penulis akan membangun sistem in form asi pengelolaan teknologi in form asi berbasis ITIL v3 tahap service design menggunakan Java Enterprise Edition (J2EE) yang mengimplementasikan arsitektur multitier dengan metode iterative dan incremental . Si stem in form a si yang dibangun meliputi domain service level management (SLM), IT service continuity management ( ITSCM ) dan service catalogue management. T governance , sistem in form asi pengelolaan teknologi in form asi berbasis ITIL v3 , service design , arsitektur multitier , J2 E E