S
alah satu faktor yang menyebabkan kurangnya penguasaan dan pemahaman
siswa sekolah dasar terhadap mata pelajaran tertentu adalah ketidaksesuai
a
n gaya
belajar yang dimiliki oleh anak dengan metode belajar yang diterapkan di
sekolah.
Pengetahuan mengenai karakteristik gaya belajar akan mempengaruhi cara
menentukan strategi penyampaian pesan pembelajaran pada anak karena memiliki
peranan yang cukup penting dalam menentukan keberhasilan dan meningkatkan
kualitas proses pembelajaran
.
Pen
elitian ini dimaksudkan untuk membangun media pembelajaran interaktif yang
berguna untuk mendukung proses belajar anak yang
memiliki gaya belajar visual
.
Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas dari proses
pembelajaran adalah de
ngan
menggunakan
media pembelajaran interaktif. Agar
media pembelajaran terlihat menarik, maka dibutuhkan dukungan dari teknologi
terbaru yaitu HTML5 dan metode pengembangan yang memadai. Metode
pengembangan perangkat lunak yang sesuai untuk perangkat lunak berbasis
mult
imedia seperti
e
learning, game
dan media pembelajaran lain
adalah
Multimedia Development Lifecycle
(MDLC).
Metode ini terdiri dari enam tahap
yang dimulai dari tahap
concept, design, material collecting, assembly, testing,
dan distributing
.
Hasil dari p
enelitian ini adalah
telah terwujudnya suatu media pembelajaran
interaktif
berbasis
web
yang sesuai dengan anak yang memiliki gaya belajar visual
dan dapat menarik minat anak yang memiliki gaya belajar visual untuk belajar
m
atematika
.
Kata Kunci : multimedia, v isual, MDLC, HTML5, anak - anak , matematika