Memahami gaya belajar merupakan cara terbaik untuk memaksimalkan proses
belajar. Setelah
seseorang
menemukan gaya belajarnya secara otomatis m
ereka
mengetahui metode terbaik
dalam belajar. Belajar sesuai dengan gaya belajar
sebaiknya dilakukan sejak usia dini. Akan tetapi, masih banyak orang tua yang
terlambat untuk mengetahuinya.
Berdasarkan hasil surve
i
yang telah dilakukan di
dua Sekolah dasar di
K
ota Bandung (SD Istiqamah dan SD Taruna Bakti),
para
guru seringkali mendengar keluhan orang tua yang merasa sudah membantu
anaknya secara maksimal dalam belajar, tetapi belum mendapatkan hasil yang
maksimal.
Salah satu faktor yang dapat menjadi penyebabny
a adalah
ketidaksesuaian gaya belajar yang dimiliki oleh sang anak dengan metode belajar
yang diterapkan
.
Dalam tugas akhir ini dibagun media pembelajaran interaktif untuk anak yang
memiliki gaya belajar visual untuk mata pelajaran IPA sebagai salah satu
media
yang dapat membantu proses belajar anak yang memiliki gaya belajar visual
terhadap mata pelajaran IPA. Dalam media pembelajaran ini, konten pembelajaran
disampaikan dalam bentuk animasi, sehingga dapat meningkatkan ketertarikan
anak dalam belajar dan
dapat memberikan visualisasi terhadap materi. Media
pembelajaran interaktif ini dibangun dengan menggunakan teknologi HTML 5
dan metode MDLC. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian fungsional dan
user
acceptance
dengan hasil
seluruh fung
si dapat be
rjalan dengan baik. Sedangkan
d
ari hasil pengujian
user acceptance
, siswa setuju bahwa kualitas tampilan,
interaksi progam, interaksi
user
dan penyajian materi pada
software
dapat
membantu proses belaja
r
.
Multimedia Pembelajaran, Gaya Be lajar, Visual, HTML5, MDLC