Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran dewasa ini dianggap penting di
dalam dunia pendidikan. Salah satunya
yaitu
teknologi
website
sebagai media
pembelajaran yang disebut
aplikasi pembelajaran multimedia.
Game
edukasi
merupakan salah satu bentuk aplikasi pembelajaran multimedia.
Dalam tugas akhir ini dibangun sebuah
game
edukasi mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam yang dikhususkan untuk anak kelas empat tingkat sekolah
dasar yang memiliki karakteristik gaya b
elajar kinestesis. Dalam
game
edukasi
ini, konten pembelajaran disampaikan dalam bentuk animasi mengenai percobaan
dan penerapan suatu materi dalam kehidupan sehari
hari agar dapat meningkatkan
ketertarikan dan pemahaman anak dalam belajar.
Aplikasi ini
d
ibangun
dengan menggunakan teknologi HTML5 dan metode
pengembangan MDLC (
Multimedia Development Life Cycle
).
T
erdapat tiga
modul utama
di dalamnya
, yaitu energi panas, energi bunyi, dan cahaya.
Penelitian ini juga disertai dengan pengujian
User Acceptance
Test (UAT)
mengenai fungsionalitas
dan
survey
terhadap
user
mengenai kualitas tampilan dan
penyajian materi. Selain itu juga dilakukan
post test
untuk menilai apakah aplikasi
ini dapat membantu
user
atau tidak. mu Pengetahuan Alam, game edukasi, Kinestesis , HTML5, MDLC