pengendali laju alir reaktan pada methanol steam reforming dengan kontrol PID menggunakan metode root locus sebagai pembentuk hidrogen untuk fuel cell

syarah febriani taher

Informasi Dasar

117090038
629.253
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Methanol merupakan bahan bakar alternatif sumber hidrogen sebagai bahan baku teknologi Fuel Cell. Hidrogen dihasilkan dari proses pemecahan metanol dengan reaksi steam reforming, dimana proses pemecahan senyawa terjadi pada fase gas. Konsentrasi gas hidrogen yang dihasilkan sangat bergantung pada laju alir metanol[1] sehingga perlu dilakukan pengontrolan pada variabel tersebut untuk mendapatkan konsentrasi gas hidrogen yang optimal.
Sistem Methanol Steam Reforming pada penelitian ini memiliki diameter dan panjang reaktor tempat pemecahan metanol adalah 1.8 cm dan 18 cm. Bahan baku yang digunakan merupakan campuran air dengan metanol dibantu katalis Cu/ZnO/Al2O3. Dari hasil penelitian sebelumnya, konversi optimum berlangsung pada suhu reaktor 250°C dengan laju alir bahan baku 0.08-0.25 mL/min.
Reformer diperlukan unutuk memberikan supply hidrogen kedalam Fuel Cell. Dimana kebutuhan laju alir bahan bakar pada Fuel Cell harus konstan sehingga perlu dilakukan pengontrolan pada steam reforming untuk menghasilkan keluaran gas hidrogen yang konstan. Dalam mendisain controller, perlu dilakukan pemodelan sistem untuk mendapatkan model matematis dalam bentuk fungsi transfer. Pemodelan dilakukan dengan pendekatan identifikasi sistem yang memanfaatkan data input/output hasil eksperimen. Model sistem digunakan untuk merancang sistem PID controller yang paling sesui dengan metode root locus.
PID controller, Methanol Steam Reforming

Subjek

FUEL SYSTEMS
 

Katalog

pengendali laju alir reaktan pada methanol steam reforming dengan kontrol PID menggunakan metode root locus sebagai pembentuk hidrogen untuk fuel cell
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

syarah febriani taher
Perorangan
Indra Chandra , M.Si; Reza Fauzi Iskandar, S.Pd., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini