Augmented Reality (AR) merupakan cabang ilmu Computer Vision yang memungkinkan komputer menghasilkan objek maya dan menempatkannya dalam lingkungan benda nyata dengan menggunakan media kamera, Head Mounted Display (HMD), secara real-time. Dalam perkembangannya AR membutuhkan alat bantu berupa marker untuk menampilkan objek maya. Marker yang dibutuhkan berupa pattern yang telah dikenali oleh sistem yang sifatnya bukan benda alami seperti wajah.
Dalam penelitian Tugas Akhir ini akan dikembangkan sebuah sistem yang akan menangkap pergerakan benda alami (markerless tracking) berupa wajah dengan menggunakan algoritma Particle
Filter dan kemudian menjadikannya sebagai marker dalam AR. Algoritma Particle Filter merupakan algoritma penelusuran objek yang menggunakan probabilitas warna sebagai dasar untuk menelusuri objek, dengan ruang warna Hue, Saturation, Value (HSV) sebagai dasarnya. Sedangkan untuk rendering
objek maya dalam AR akan digunakan OpenGL sebagai library dasar.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa pencahayaan dan jumlah partikel tidak berpengaruh terhadap waktu processing dan performansi Particle Filter tracking yang memakai ruang warna HSV, mampu membedakan di saat interferensi dan tabrakan dengan benda lain, dan penelusuran objek dengan Particle Filter dapat dijadikan marker AR dengan rata-rata kesalahan penempatan koordinat terbaik, x sebesar 4.9863821% dan y sebesar 4.287307314%. Augmented Real ity , Face Tracking , Particle Filter , OpenGL, Markerless Tracking