Sejak tahun 1950an hingga kini, sistem informasi di dalam bisnis telah berkembang dengan pesat hingga dewasa ini sistem informasi, termasuk sistem informasi Sumber Daya Manusia (SDM), memegang peranan penting bagi setiap perusahaan. Penelaahan terhadap implementasi sistem informasi perlu dilakukan untuk mengevaluasi sistem guna pengembangan lebih lanjut sistem tersebut. Evaluasi kesuksesan sistem informasi menjadi hal krusial karena sistem informasi, termasuk sistem informasi SDM, telah menjadi basis penting dalam pengambilan keputusan di dalam perusahaan.
Penelitian ini difokuskan pada analisis sistem informasi SDM di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom Indonesia) berdasarkan model yang telah dikembangkan oleh Ifinedo. Model tersebut dipilih karena secara spesifik menganalisis sistem informasi berbasis Enterprise Resource Planning (ERP) yang juga digunakan dalam sistem informasi SDM di Telkom Indonesia. Penelitian dilakukan pada 152 responden pengguna sistem informasi SDM di Telkom Indonesia dan diolah dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) melalui analisis pada model pengukuran dan struktural untuk menguji hipotesis penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa system quality dan information quality pada sistem informasi SDM berpengaruh secara positif terhadap individual impact pengguna sistem informasi SDM di Telkom Indonesia. Selanjutnya individual impact berpengaruh secara positif terhadap work group impact. Pada akhirnya work group impact berpengaruh secara positif terhadap organizational impact di samping individual impact yang juga berpengaruh positif secara langsung terhadap organizational impact.
Hasil penelitian tersebut juga dapat menjadi masukan bagi manajemen Telkom Indonesia. Beberapa hal pokok yang menentukan kualitas sistem dan kualitas informasi, khususnya fleksibilitas sietem dan ketepatan waktu penyajian informasi harus dipelihara dan ditingkatkan dengan baik. Dampak sistem informasi SDM bagi individu karyawan, kelompok kerja, dan organisasi juga harus diperhatikan dengan mendorong peningkatan pembelajaran individu, komunikasi, dan produktivitas organisasi melalui pemanfaatan sistem informasi SDM.