Universitas Pendidikan Indonesia adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Bandung. UPI memiliki visi serta misi yang hendak diwujudkan, visi UPI mengambil inisiatif mengembangkan inovasi pendidikan dan salah satu misi UPI menerapkan keilmuan yang inovatif. Sejak tahun 2010 UPI mulai menerapkan knowledge management serta UPI memiliki tujuan “To become knowledge university”. UPI memiliki banyak pengetahuan yang berada dibenak SDM nya khususnya dosen. Pengetahuan tersebut dapat meningkatkan competitive advantage dan menghasilkan inovasi bagi UPI apabila dikelola dengan baik. KMS yang menjadi alat dalam implementasi knowledge sharing telah tersedia, tetapi dalan sistem tersebut belum banyak knowledge yang tersimpan. Budaya organisasi merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan implemantasi knowledge sharing. Budaya Organisasi terdiri dari enam faktor, yaitu struktur organisasi, sistem informasi, SDM, sistem penghargaan, kepemimpinan, dan proses.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah studi kausal dan teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Sampel yang diambil adalah dosen Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Jumlah sampel adalah 113 dosen, dan didapat jumlah responden yaitu 106 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Serta variabel yang diteliti adalah budaya organisasi dan knowledge sharing dosen tetap UPI Bandung.
Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif SDM memiliki persentase tertinggi, terendah adalah sistem penghargaan dan knowledge sharing memiliki nilai persentase yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan analisis jalur, hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap knowledge sharing, hasil uji secara parsial didapatkan bahwa struktur organisasi, SDM, dan kepemimpinan berpengaruh secara signifikan terhadap knowledge sharing.
Kata kunci :Budaya organisasi, Struktur organisasi, Sistem informasi, SDM, Sistem Penghargaan, Kepemimpinan, Proses, Knowledge Management, Knowledge sharing