PENGARUH MARKET VALUE DAN LABA PER SAHAM TERHADAP HOLDING PERIOD SAHAM (Studi pada Saham Indeks Kompas100 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Tahun 2010-2012)

MASTIAR SITOHANG

Informasi Dasar

30 kali
17.04.1208
332.632 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Sebagian investasi mengandung unsur ketidakpastian atau risiko. Investor tidak tahu dengan pasti yang akan diperolehnya dari investasi yang dilakukannya. Keputusan beli/jual dan keputusan melepas/menahan kepemilikan saham seringkali dilakukan dalam waktu yang bersamaan dalam rangka mengoptimalkan keuntungan yang diperoleh atau dengan kata lain, waktu adalah merupakan faktor yang sangat strategis berpengaruh dalam memaksimumkan laba. Pada saat kapan investor harus membeli/menjual saham dan untuk berapa lama saham ini akan dipegang (holding periods). Dalam menentukan holding period saham, investor membutuhkan beberapa informasi seperti market value dan laba per saham. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh market value dan laba per saham terhadap holding period saham pada saham Indeks Kompas100 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas dengan Indeks Kompas100 sebagai unit analisis. Sampel penelitian ini sebanyak 21 perusahaan Indeks Kompas100 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tiga tahun periode penelitian. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan metode purposive sampling. Metode analisis data dari penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Berdasarkan uji statistik nilai prob. (F-statistic) sebesar 0.000000 < 0,05 maka H0 ditolak yang berarti market value dan laba per saham berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap holding period saham. (2) Secara parsial market value memiliki nilai prob. (p-value) 0.0000 < 0,05 yang berarti market value berpengaruh terhadap holding period saham. (3) Secara parsial laba per saham memiliki nilai prob. (p-value) 0.8153 > 0,05 yang berarti laba per saham tidak berpengaruh terhadap holding period saham.

Kata kunci : Market value, laba per saham dan holding period

Subjek

STOCK
 

Katalog

PENGARUH MARKET VALUE DAN LABA PER SAHAM TERHADAP HOLDING PERIOD SAHAM (Studi pada Saham Indeks Kompas100 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Tahun 2010-2012)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MASTIAR SITOHANG
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini