Penelitian ini dilakukan pada perusahaan pertambangan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) pada laporan tahunan perusahaan pertambangan yang ada di Indonesia. CSR merupakan praktik bisnis transparan, yang didasarkan pada nilai-nilai etika, dengan memberikan perhatian pada karyawan, masyarakat dan lingkungan, serta dirancang untuk dapat memenuhi keinginan para pemegang saham dan juga masyarakat pada umumnya. Faktor-faktor karakteristik perusahaan yang digunakan antara lain ukuran industri, profitabilitas dan leverage.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah check list terhadap item-item pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan pertambangan di Indonesia yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2008-2012. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linier berganda.
Secara simultan variabel ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage memiliki pengaruh terhadap pengungkapan CSR di Indonesia. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor ukuran industri berpengaruh terhadap pengungkapan CSR di Indonesia. Sementara itu, profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR di Indonesia.
Kata kunci: karakteristik perusahaan, pengungkapan CSR, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage