ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektifitas iklan dalam promosi terhadap Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok. Hipotesis yang diajukkan adalah Efektifitas iklan dalam promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan populasi adalah wisatawan yang berkunjung ke pulau lombok yang berjumlah 1.011.214 pada tahun 2012 dan di pecah menjadi 100 responden dengan menggunakan rumus slovin. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.
Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh efektifitas iklan dala promosi terhadap jumlah pengunjung. Hasil pengujian secara simultan menjelaskan bahwa efektifitas iklan yang terdiri dari empati, persuasi, dampak, dan komunikasi memiliki pengaruh terhadap jumlah wisatawan karena terlihat jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok dari tahun 2008 hingga tahun 2012 yang terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2008 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok berjumlah 544.501 orang. Pada tahun selanjutnya terjadi peningkatan sebanyak 74.596 orang dari tahun sebelumnya atau 619.097 orang di tahun 2009. Pada tahun 2010 terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu 725.388 orang atau jumlah wisatawan bertambah 106.291 orang dari tahun sebelumnya. Peningkatan yang signifikan terjadi pada tahun 2011 yaitu 886.880 orang yang berkunjung ke Pulau Lombok atau naik 161.492 orang. Demikian pula pada tahun 2012 yang mengalami peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok sebanyak 1.011.214 orang dari jumlah wisatawan tahun sebelumnya.
Kata Kunci : Efektifitas iklan dalam promosi