Perusahaan sebagai salah satu bentuk organisasi yang digerakkan untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan-tujuan tersebut, baik berupa tujuan individu maupun organisasi dapat dicapai secara maksimal dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Salah satu sumber yang keberadaanya berpengaruh besar terhadap pencapaian tujuan tersebut adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia memiliki peran penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Dalam mencapai tujuan perusahaan dibutuhkan motivasi karyawan yang tinggi agar dapat menghasilkan kinerja yang baik. Terciptanya motivasi kerja yang yang baik dipengaruhi oleh balas jasa atau imbalan yang diberikan oleh perusahaan. Balas jasa yang diberikan perusahaan kepada karyawan berbagai macam bentuknya, diantaranya pemberian insentif. Insentif adalah suatu sarana motivasi dalam arti perangsang atau pendorong yang diberikan dengan sengaja kepada para pekerja agar pada diri mereka timbul semangat yang lebih besar untuk berprestasi bagi organisasi. Untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan maka produktifitas kerja karyawan perlu ditingkatkan melalui motivasi kerja.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberian insentif pada karyawan PT. Telkom Indonesia Divisi Consumer Service Kota Sukabumi, untuk mengetahui motivasi kerja karyawa dan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pemberian insentif terhadap motivasi kerja karyawan pada PT. Telkom Indonesia Divisi Consumer Service Kota Sukabumi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 38 karyawan di Divisi Consumer Service PT. Telkom. Indonesia kota Sukabumi , dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh (sensus) dan data tersebut diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier. Sedangkan dalam proses pengolahan data menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2007 dan SPSS 17 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel insentif (X) berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja karyawan (Y) di PT. Telkom Indonesia Divisi Consumer Service Kota Sukabumi. Hal ini didapat dari hasil analisis data dan hasil pengujian hipotesis dengan R square sebesar 0,971 atau 97,1% yang berarti insentif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja karyawan sebesar 97,1%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 2,9% dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang diteliti.