Sebuah toko terkadang sulit untuk menentukan suatu produk dapat dikategorikan memiliki penjualan yang cukup bagus atau tidak. Seperti halnya di bisnis retail , terkadang pihak manajemen memiliki kesulitan untuk menentukan produk yang layak dan tidak layak untuk dijual kembali.
Data bisa menjadi suatu knowledge untuk menentukan kelayakan sebuah produk. Salah satu metode yang digunakan adalah dengan metode klasifikasi pada data mining yang mana dalam hal ini menggunakan CRISP-Data Mining sebagai framework pada aplikasi yang akan dikembangkan. Penelitian ini menggunakan data transaksi dari objek yang merupakan salah satu brand retail di kawasan pendidikan Telkom.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa, algoritma C4.5 yang digunakan berhasil membentuk pohon keputusan yang digunakan dalam menentukan kelayakan suatu barang untuk dijual kembali di retail tersebut. Aplikasi juga berhasil menghitung nilai gain dan entropi dari atribut yang digunakan dalam menentukan pohon keputusan.
Kata Kunci : CRISP-Data Mining , Algoritma C4.5 , Retail , Klasifikasi