Persaingan dalam industri telekomunikasi yang semakin kompetitif dan semakin tingginya perpindahan pelanggan menyebabkan perusahaan-perusahaan telekomunikasi di Indonesia berusaha menawarkan produk yang memiliki value lebih. Menawarkan value yang lebih mampu mendorong konsumen untuk tetap menggunakan produk perusahaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan kartu keanggotaan kepada pelanggan seperti yang dilakukan oleh PT Telkom dengan memberikan Telkom Membership Card kepada pelanggan setia produk PT Telkom.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer perceived value pada pemilik Telkom Membership Card terhadap upaya mempertahankan pelanggan PT Telkom Indonesia tahun 2013-2014. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan studi kausal. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) untuk menguji hubungan sebab akibat pada model penelitian dengan 216 pemilik Telkom Membership Card.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan: (i) customer perceived value dari Telkom Membership Card berada pada fair value zone (ii) upaya-upaya untuk mempertahankan pelanggan yang dilakukan PT Telkom berada pada kategori baik (iii) customer perceived value memberikan pengaruh terhadap upaya mempertahankan pelanggan PT Telkom dengan nilai probability lebih kecil dari 0,05 dan besar pengaruhnya sebesar 69%.