Perusahaan biasanya menggunakan brand ambassador untuk menarik perhatian dari konsumen. Brand ambassador berpengaruh terhadap citra dari suatu produk karena cenderung identik dengan produk yang diwakilinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa Universitas Telkom mengenai Cristiano Ronaldo, brand awareness Nike serta pengaruh dari brand ambassador Cristiano Ronaldo yang terdiri dari atribut visibility, credibility, attraction dan power terhadap brand awareness Nike pada mahasiswa Universitas Telkom di Bandung.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Nike pada mahasiswa Universitas Telkom di Bandung dan sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Cristiano Ronaldo sebagai brand ambassador terhadap brand awareness Nike. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi sederhana.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan bahwa tanggapan terhadap responden mengenai brand ambassador terhadap brand awareness memiliki pengaruh yang signifikan dengan tingkat yang kuat. Besarnya pengaruh brand ambassador terhadap brand awareness sebesar 69,1%, sisanya (100%-69,1%) sebesar 30,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata kunci : Brand Ambassador dan Brand Awareness