ANALISIS POSITIONING RADIO ZORA BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING

SINDHANI RAHMALIA SUDONO

Informasi Dasar

97 kali
17.04.1391
658.83
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Radio Zora telah berdiri sejak tahun 2005 dan baru melakukan repositioning menjadi radio bersegmen anak muda pada akhir tahun 2014. Terhitung sejak perubahan positioning tersebut, jumlah pendapatan yang didapatkan Radio Zora belum dapat memenuhi terget yang direncanakan dan jumlah pendengarnya pun masih lebih rendah dibanding radio-radio pesaingnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menggali persepsi pendengar terhadap pemilihan radio yang didengarkan, berdasarkan perceptual mapping dengan metode multidimensional scaling berbasis atribut. Multidimensional scaling (MDS) merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk dapat mengetahui kondisi persaingan, serta mengetahui posisi setiap radio berbasis atribut. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini adalah program acara, kegiatan offair, kualitas penyiar, pilihan musik, brand image, update berita, kejernihan suara, jangkauan siaran, streaming, dan konten siaran. Data penelitian didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan anak muda berusia 15-29 tahun, kemudian dijadikan input dalam pengolahan MDS. Setelah hasil kuesioner diolah dengan MDS, didapatkan perceptual mapping dengan posisi Radio Zora memiliki pesaing utama Radio Hits. Tetapi, jika dilihat dari jumlah pendengarnya, Radio Zora dan Radio Hits merupakan dua radio dengan pendengar paling rendah dibanding pesaingnya, sehingga dalam penelitian ini Radio OZ dijadikan acuan dalam penyusunan perbaikan, karena merupakan radio yang paling unggul di wilayah persaingannya. Adapun atribut-atribut yang menjadi kelemahan Radio Zora adalah kegiatan offair, jangkauan siaran, streaming, update berita, kejernihan suara, pilihan musik, konten siaran, dan brand image.

Subjek

MARKETING RESEARCH
 

Katalog

ANALISIS POSITIONING RADIO ZORA BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SINDHANI RAHMALIA SUDONO
Perorangan
Yati Rohayati, Ika Arum Puspita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4FD3 - RISET PEMASARAN
  • IEH5I3 - RISET PEMASARAN
  • IEI5H3 - RISET PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini