Keberadaan media cetak, khususnya surat kabar, di masyarakat semakin meredup seiring dengan perkembangan zaman. Angka penggunaan internet untuk mencari berita sangat tinggi. Hal tersebut dikarenakan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan informasi melalui kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi dan internet. Oleh sebab itu dibutuhkan manajemen redaksi yang baik untuk digunakan dalam memproduksi berita ppada surat kabar agar bisa tetap bertahan di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen redaksional yang dilakukan Inilah Koran terkait pencarian dan produksi berita di era digital.
Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pencarian berita yang dilakukan oleh Inilah Koran diawali dengan perencanaan berupa rapat proyeksi untuk berita terencana dan untuk berita yang terjadi dadakan akan diliput oleh para wartawan yang sedang berada di dekat lokasi kejadian atau oleh wartawan yang jobdesc-nya sesuai dengan kejadian tersebut. Pembuatan berita pada Inilah Koran melalui alur wartawan, kemudian ke redaktur, lalu dikirim ke bagian desain, kemudian dikirim ke redaktur pelaksana, jika sudah sesuai, softcopy akan dikirim ke percetakan oleh IT untuk siap naik cetak. Inilah Koran menjaga kualitas dan kredibilitas berita yang diterbitkan sebagai cara untuk menjaga kepercayaan dan loyalitas para pembaca.
Kata kunci: manajemen redaksional, surat kabar, Inilah Koran, deskriptif kualitatif.